Aplikasi 'Kudu Sekolah' Kabupaten Pekalongan Raih Penghargaan Top 45 KIPP Nasional 2021


SIBERONE.COM – Pemerintah Kabupaten Pekalongan kembali menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIP-P) Tingkat Nasional Tahun 2021 atau Sinovik.

Penghargaan atas inovasi sebuah aplikasi "Kudu Sekolah" tersebut diberikan oleh Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo kepada Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE.,MM secara virtual di Ruang Rapat Bupati Pekalongan, pada Selasa (9/11/2021).

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan program "Kudu Sekolah" ini dirancang agar anak-anak di Kabupaten Pekalongan yang putus sekolah atau kesulitan bersekolah bisa kembali masuk sekolah. Pihaknya mempermudah cara-cara agar mereka bisa bersekolah lagi.

“Program ini untuk anak-anak yang putus sekolah, yang tadinya bersekolah sulit, kita datangi dan berikan semangat. Alhamdulilah hampir sekitar 800 anak yang putus sekolah sekarang kembali sekolah lagi,” ungkap Bupati Fadia usai penerimaan penghargaan secara virtual dari Menteri PAN-RB.

Fadia juga mengapresiasi atas kerjasama para OPD Kabupaten Pekalongan bersama KOMPAK  sehingga Kabupaten Pekalongan menerima penghargaan tersebut.

"Harapannya kedepan kita lebih banyak lagi mendapat penghargaan. Terimakasih kepada seluruh OPD Kabupaten Pekalongan yang telah bekerja tanpa kenal lelah untuk membangun kabupaten Pekalongan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Fadia menyampaikan, bahwa aplikasi "Kudu Sekolah" Kabupaten Pekalongan merupakan inovasi pelayanan publik yang diinisiasi oleh Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan.

“Aplikasi Kudu Sekolah ini berbasis web dan android guna menjawab kebutuhan updating, transparansi dan monitoring Anak Tidak Sekolah dalam satu jendela informasi,” terang dia. 

“Aplikasi ini lebih lengkap baik fitur maupun variabelnya, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), juga mengintegrasikan data dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Aplikasi Kudu Sekolah didukung oleh Mitra Pembangunan, yakni KOMPAK,” imbuh Fadia. (Simbah)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar