Lunasi Pajak Tepat Waktu, Sejumlah Desa Terima Pernghargaan


SIBERONE.COM -  Sebagai bentuk penghargaan bagi desa/kelurahan yang tepat waktu dalam pelunasan pajak, Pemerintah Kabupaten Pekalogan melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menyelenggarakan kegiatan penyerahan hadiah Lomba Cepat Tepat Pelunasan PBB–P2 Tahun 2021 di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (4/11/2021).

Hadiah diserahkan oleh Pj Sekda Drs Budi Santoso, M.Si kepada para pemenang lomba cepat tepat pelunasan PBB. Acara dihadiri oleh Kepala OPD terkait, para Camat dan Kepala Desa/Lurah pemenang lomba cepat tepat pelunasan PBB serta wakil pimpinan Bank Jateng. 

Mewakili Bupati Fadia Arafiq, Pj Sekda Budi Santoso mengatakan bahwa Bupati Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada jajaran desa/kelurahan yang telah cepat, tepat didalam kerangka pelunasan PBB nya sekaligus selamat untuk para pemenang lomba. 

Dikatakan Pj Sekda, Bupati Fadia juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pelunasan PBB di lingkungan Kabupaten Pekalongan.  Diantaranya tentang kemungkinan penambahan klasifikasi untuk lomba termasuk yang diatas 100 Juta. Selain itu penghargaan bagi para Camat yang bisa mendorong desanya melunasi PBB dengan cepat. Budi Santoso juga berharap Bank Jateng Cabang Kajen ikut andil memberikan hadiah pada lomba ini. 

 "Bapak/Ibu maturnuwun, upaya yang telah dilaksanakan ini menjadikan Kabupaten Pekalongan dari sisi pendapatan daerah semakin meningkat walaupun di 2 (dua) tahun terakhir ini kita mengalami pandemi sehingga terkontraksi ekonomi masyarakat kita. Maka ada warga yang sampai sekarang masih nunggak PBB nya sehingga perlu dorongan bagi para penunggak, menjadi catatan kita semua khususnya Lurah/Camat bisa mendorong mereka,” papar Budi.

Dalam kesempatan itu disampaikan pula bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pekalongan mengalami penurunan yang signifikan sehingga kemampuan anggaran di Kabupaten Pekalongan untuk membangun dari sisi fisik khususnya infrastruktur juga mengalami kendala.

"Inilah konsep optimalisasi pajak dan retribusi yang terus kita tingkatkan. Fungsi dari Sumber Daya Manusia (SDM) penarik pajak menjadi kunci utama keberhasilan dari penarikan optimalisasi pajak ini. Disamping SDM para penarik tentu para pimpinannya di tingkat desa/kelurahan maupun kecamatan. Sehingga Lurah/Camat menjadi motor penggerak SDM penarik retribusi. Selain itu adalah sistem yang dibangun, semisal dengan model e-Banking. Disamping sistemnya, tentu juga sarana prasarana yang lainnya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan dan Penagihan BPKD, Maria Goretti Krisnurendah dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan penyerahan hadiah lomba cepat tepat pelunasan PBB tingkat  Kabupaten Pekalongan tahun 2021 adalah untuk memberikan motivasi kepada petugas pemungut PBB tingkat desa/kelurahan, juga meningkatkan Pendapatan Asli  Daerah (PAD) melalui intensifikasi yaitu pemungutan PBB.

Peserta lomba adalah desa/keluarahan se-Kabupaten Pekalongan, adapun waktu  pelaksanaan lomba dari  26 April-30 September 2021.

Adapun Kategori Baku PBB s/d 10 Juta, Juara I diraih Desa Wonosido Lebakbarang, Juara 2 Desa Depok Lebakbarang dan juara 3 Desa Mulyorejo Tirto. Untuk juara harapan I diraih Desa Pecakaran Wonokerto.

Kategori Baku PBB diatas 10 Juta s/d 20 Juta, juara I diraih Desa Songgodadi  Petungkriyono, juara 2 Desa Brengkolang Kajen, juara 3 Desa Mendolo Lebakbarang. Juara harapan I diraih Desa Gumelem Petungkriyono, juara harapan 2 Desa Sampih Wonopringgo, juara harapan 3 Desa Kutorembet Lebakbarang.

Sementara untuk kategori diatas 20 Juta s/d 30 juta, juara I diraih Desa Kutorojo Kajen, juara 2 Desa Mejasem Siwalan, juara 3 Desa Jetaklengkong Wonopringgo. Juara harapan I Desa Kemasan Bojong, juara harapan 2 Desa Kaliombo Paninggaran, juara harapan 3 Desa Bodas Kandangserang.

Kategori diatas 30 Juta s/d 50 Juta diraih juara I Desa Simego Petungkriyono, juara 2 Desa Lebakbarang, juara 3 Desa Sidomulyo Lebakbarang. Juara harapan I Desa Proto Kedungwuni, juara harapan 2 Desa Salakbrojo Kedungwuni, juara harapan 3 Desa Babalan kidul Bojong.

Kategori Baku PBB diatas 50 Juta s/d 100 juta, juara I diraih Desa Kempong Wiradesa, juara 2 Desa Blimbingwuluh Siwalan, juara 3 Desa Ponolawen Kesesi. Juara harapan I Desa Legokclile Bojong, juara harapan 2 Desa Bulakpelem Sragi, dan  juara harapan 3 Desa Sidosari Kesesi. (Simbah)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar