Dekranasda Siap Promosikan Produk UMKM ke Kancah Nasional


SIBERONE.COM - Sebagai wadah yang menaungi para pelaku usaha UMKM, Dekranasda Kabupaten Pekalongan harus mampu menjalankan fungsinya. Hal ini disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE.,MM dalam sambutannya pada acara pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2021-2026 di aula Lantai I Setda, Selasa (2/11/2021) siang.

"Saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus Dekranasda Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2021-2026. Bukan hanya dikukuhkan secara seremonial saja, tapi semua harus berjalan sesuai fungsinya karena Dekranasda ini, kalau berjalan dengan baik, ekonomi Kabupaten Pekalongan akan berjalan dengan baik. Karena UMKM ini dibawah Dekranasda,” tutur Fadia.

Fadia berharap eksistensi Dekranasda melaui media sosial bisa mendongkrak UMKM bangkit kembali. Dan ia menegaskan dirinya akan mensupport dan mendukung penuh  program Dekranasda yang berencana mengadakan pameran produk UMKM di luar kota. 
Menurutnya, kegiatan pameran ini dimasukkan dalam anggaran tahun 2022 mendatang.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Hj Atikah Ganjar Pranowo melalui Sekretaris Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Eko Partono juga menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya pengurus Dekranasda Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2021-2026. Atikoh berharap kepengurusan yang baru bisa lebih meningkatkan performa dan semangat Dekranasda Kabupaten Pekalongan dalam mengembangkan potensi daerah khususnya kerajinan Kabupaten Pekalongan agar siap bersaing di kancah Jawa Tengah, Nasional maupun Global.

Atikoh mengatakan saat ini hampir semua orang  memanfaatkan medsos termasuk Gubernur Ganjar punya yang namanya ‘Lapak Ganjar’ dan ini bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk bisa masuk dalam 'Lapak Ganjar’ ini. 

"Mudah-mudahan melalui upaya-upaya yang luar biasa terjadi transaksi yang kontinyu bagi UMKM kita dan jangkauan pasarnyapun semakin luas. Dengan demikian UMKM bisa kembali bangkit berjalan berlari dan melaju kencang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mensejahterakan masyarakat," pungkas Atikah.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Mukhtaruddin Ashraff Abu memaparkan pihaknya akan berupaya membawa UMKM lokal ke kancah lebih luas yaitu sampai tingkat nasional bahkan go internasional. Salah satu program Dekranasda di waktu dekat ini, kata Ashraff, akan  secepatnya mengadakan pameran di luar kota.

Terkait peningkatan kualitas produk UMKM, Ashraff menyampaikan pihaknya telah meninjau langsung  aktifitas para pelaku UMKM.

"Kita sudah mendatangi banyak UMKM untuk memastikan cara kerja mereka dan kita beri masukan-masukan dan kita akan bantu support dalam memperbaiki kualitas produk-produk mereka, contohnya ada produk UMKM keripik, kita bantu bagaimana kemasannya, lalu cara promosi dan pemasarannya," terang Ashraff.

Tampak hadir pada Pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2021-2026, antara lain Sekretaris Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Eko Partono, Pj Sekda Drs Budi Santoso.,M.Si ,  Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, para kepala OPD yang hadir, para pimpinan BUMD, pimpinan Bank Jateng, Direktur PDAM, wakil dari BKK Kabupaten Pekalongan, segenap pengurus Dekranasda Kabupaten Pekalongan  serta para pelaku UMKM dan tamu undangan lainnya. (Simbah)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar