DPKH Jateng Gulirkan Program Entaskan Kemiskinan


SIBERONE.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Jawa Tengah menggulirkan program pengentasan kemiskinan. Program tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan domba kepada Kelompok Tani Ternak (KTT) dan paket pangan hewani untuk pelajar. Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut, di Balai Desa Kemurang Wetan, Jumat (29/10/2021).

Sebanyak 11 ekor domba diserahkan kepada KTT Pagar Kelor Desa Kemurang Wetan, Kecamatan Tanjung, Brebes dan 400 paket pangan protein hewani kepada anak sekolah di desa setempat. 

Narjo berpesan, agar bantuan domba bisa dipelihara dan dikembangbiakan, sehingga bisa bergulir dan bertambah banyak jumlahnya. Sedangkan paket bantuan pangan protein hewani berupa susu, telur dan sosis untuk dikonsumsi anak-anak sekolahan sebagai tambahan asupan gizi seimbang. 

Narjo memuji langkah DPKH Prov Jateng dan berharap supaya paket pangan protein hewani bisa diberikan secara rutin, karena membawa manfaat yang luar biasa khususnya untuk anak–anak. Menurut Narjo, protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. 

“Nanti, kalau anak–anak pulang dari sini, susunya diminum. Terus sosis dan telurnya minta tolong sama ibu agar dimasak dulu, baru dimakan agar badan kita sehat semua,” ujar Narjo.

Narjo juga berpesan kepada warga Kemurang Wetan agar turut mensukseskan vaksinasi dengan jalan ikut vaksin. Karena Kabupaten Brebes masih berada di level 3 PPKM. Agar posisi menurun ke level 2 maka harus ada partisipasi seluruh elemen masyarakat dengan ikut vaksin. 

“Ajak seluruh keluarga untuk divaksin, dan jangan dengar berita yang menyesatkan. Vaksinasi adalah ikhtiar untuk tetap sehat,” pungkas Narjo.

Plt Kepala DPKH Provinsi Jawa Tengah drh Saiful Latif mengatakan, sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiap OPD untuk melakukan pendampingan maka pihaknya mengadakan bakti sosial. 

Wujudnya pemberian 400 paket pangan protein hewani bulan Oktober dan November akan dikirim 400 paket lagi. Untuk bantuan domba sebanyak 11 ekor, dengan rincian seekor jantan dan 10 ekor betina yang diberikan kepada Kelompok Tani Ternak Pagar Kelor, Desa kemurang Wetan, Tanjung.

Saiful dan Narjo juga mensurvei kandang KTT Pagar Kelor terdapat komunal populasi 70 ekor domba milik bersama 12 orang anggota kelompok. 

“Hari ini ditambah 11 ekor domba, maka saya harapkan 11 ekor ini bisa dikembangkan,” tutur Saiful.

Saiful mengaku kaget ketika melihat kandang dan dombanya bagus-bagus, gemuk-gemuk, pakannya juga lengkap. Ini menandakan anggota kelompok semangat dalam beternak. 

“Mudah-mudahan pakannya berkualitas, sehingga populasnya cepat berkembang. Pak Kades, saya ingin laporan tiap bulan. Jika berkembang saya ikut senang kalau perlu ditambah, tapi jika jelek hasilnya kita tarik lagi,” tandas Saiful.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto MSi, Kepala Desa Kemurang Wetan, anggota KTT Pagar Kelor, Kepala Sekolah dan anak–anak penerima paket bantuan. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar