Ratusan Nelayan Batang Dapat Bantuan Subsidi BBM


SIBERONE.COM - Sebanyak 282 nelayan Kabupaten Batang mendapatkan bantuan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) berupa solar dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Kurniawan Priyo Anggoro mengatakan, untuk mempermudah para nelayan mendapat BBM, maka diberikan fasilitas pembelian BBM secara cashless atau tanpa uang tunai.

“Kedepan jika sudah diberlakukan secara nasional, semua nelayan bisa membeli BBM secara cashless. Nanti akan kami diskusikan dulu bersama BPK RI,” terangnya, saat ditemui, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor, Kabupaten Batang, Kamis (28/10/2021).

Subsidi BBM ini diberikan kepada para nelayan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yakni dengan ukuran kapal di bawah 5 Gross Ton (GT).

“Sekarang yang sudah memegang kartu itu, sebanyak 8.572 nelayan dari 10.000 nelayan yang ditargetkan,” bebernya.

Para nelayan bisa memperoleh BBM bersubsidi pada SPBU yang telah ditunjuk atau yang telah bekerja sama dengan Pertamina.

“Pembelian BBM bersubsidi bisa dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) TPI Klidang Lor dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) AKR,” ungkapnya.

Ia memastikan, apabila ada nelayan yang tidak berada di kantong-kantong SPBN, akan berkoordinasi dengan SPBU terdekat, supaya bisa membantu kelancaran untuk mendapatkan subsidi BBM.

“Syarat untuk mendapat kartu nelayan, kapal harus memiliki dokumen kartu tanda daftar. Semua difasilitasi dengan membuka gerai agar mereka berdokumen, mekanismenya diserahkan kepada Dislutkannak Batang,” tegasnya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, selain menyerahkan kartu nelayan untuk mendapatkan subsidi bahan bakar, diserahkan pula bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, berupa mobil berpendingin.

“Ini bisa mempermudah kelompok nelayan untuk mengangkut ikan, sehingga bisa dijual di luar kota. Semoga menjadi barokah bagi nelayan yang menerima bantuan,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan Bupati Batang Wihaji, Kepala Dislutkan Prop Jateng diwakili Kabid Perikanan Tangkap Kurniawan, Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Kapolres Batang AKBP. M. Irwan Susanto, Kepala Puskud Mina Baruna Satriyo Dwi Karjono, Kepala Dislutkannak Kabupaten Batang Windu Suriaji, Danposal Sigandu Peltu Mar Pulung Gentono, Ketua DPC HNSI Kabupaten Batang Teguh Tarmujo, Pimpinan/Pengelola SPBN Sigandu Endah Wijayanti, Muspika Batang. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar