Kabupaten Pekalongan Raih Penghargaan APE dan KLA dari Kementerian PPPA


SIBERONE.COM - Kabupaten Pekalongan mendapat 2 (dua) penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Republik Indonesia (Kemen PPPA RI). Dua penghargaan itu adalah Penghargaan Anugerah Parahita Ekspektasi (APE) Tahun 2020 (kategori madya) dan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

Berkaitan raihan penghargaan tersebut, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE.MM menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih Kota Santri. “Saya merasa bersyukur karena Kabupaten Pekalongan mendapat dua penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indoesia.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam  upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) dan pemenuhan hak-hak anak,“ ungkap Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE.,MM di ruang kerjanya, Selasa (5/10/2021).

Selaku Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq menyampaikan dirinya akan berupaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan antara perempuan dan laki laki dalam pembangunan, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan  kaum difabel serta meningkatan pemenuhan hak anak, mendengarkan suara anak dan partisipasi anak dalam pembangunan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan perusahaan swasta, BUMN, BUMD, kelompok-kelompok masyarakat melaui CSR-nya yang telah mendukung pelaksanaan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE)  dan penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) ini. Dan harapannya tahun depan mendapat penghargaan yang lebih meningkat lagi stratanya,” harapnya.

Kabupaten Pekalongan sebelumnya telah beberapa kali mendapat  penghargaan APE. Penghargaan APE kategori Pratama diraih pada tahun 2012, 2014 dan 2016. Selanjutnya kategori Madya diraih pada tahun 2018 dan 2020.

Sementara untuk penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), sebelumnya telah diraih Kabupaten Pekalongan sebanyak lima kali berturut turut. Penghargaan KLA kategori Pratama pada tahun 2013, sedangkan  pada tahun 2015, 2017,2018, dan 2019 serta tahun 2021 kategori Madya. 

Untuk diketahui bahwa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) berarti suatu Penghargaan terhadap prakarsa dan Prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah.

Sedangkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam upaya mewujudkan suatu daerah Kabupaten/Kota untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Indikator pemenuhan hak anak yang sekaligus juga merupakan indikator Kota Layak Anak yang terdiri dari kelembagaan dan 5 klaster hak anak yang meliputi klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan klaster perlindungan khusus. (Simbah)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar