Tim Puskesmas dan Nusantara Sehat Kecamatan Concong Sosialisasikan STBM di Desa Kampung Baru


SIBERONE.COM - Dalam rangka menjalankan program nasional, Puskesmas dan tim nusantara sehat Kecamatan Concong mensosialisasikan dan advokasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) di Desa Kampung Baru, Sabtu (5/9/2020) pagi.

Menurut pelaksana desa STBM dan juga selaku pemateri, Samsarif Perangin Angin mengatakan, sosialisasi ini untuk mengubah perilaku masyarakat agar terciptanya lingkungan yang sehat dan masyarakat diajak untuk ikut serta dalam tercapai Program Desa STBM di Desa Kampung Baru. Kerjasama pemerintah desa sangat berpengaruh dalam terselenggaranya acara kegiatan STBM ini.

"Tujuan dari pada sosialisasi STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM ini dikhususkan untuk sekala rumah tangga sehingga program ini adalah program yang berbasis masyarakat," jelas Samsarif.

Adapun 5 pilar STBM tersebut adalah, Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT), Penanganan Sampah Rumah Tangga (PS-RT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah tangga (PLC-RT).

Samsarif juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelima pilar ini, dalam sosialisasi ini pun Tim Nusantara Sehat Puskesmas Concong kedepan akan berpartisipasi langsung ke masyarakat melakukan proses pemicu STBM yang mana insyaallah akan dilaksanakan bulan November 2020. 

"Kami berharap kepada semua peserta yang hadir agar tetap koordinasi atau sosialisasikan kepada masyarakat yang lain, supaya tidak buang air besar Sembarangan,  selalu cuci tangan setelah beraktivitas, tidak membuang sampah sembarangan, hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar masyarakat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan untuk menuju masyarakat Kampung Baru yang sehat," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Kampung Abdul Kadir sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berkomitmen akan mensukseskan program STBM dengan menerapkan lima indikator yang telah disampaikan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat agar bisa menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap kepada seluruh peserta yang hadir bisa menyerap semua ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan segala ilmu yang sudah didapat bisa disampaikan kepada masyarakat yang lain agar 5 pilar STBM tercapai untuk Desa Kampung Baru," harap Kades Kampung Baru.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Kampung Baru, Abdul Kadir, Sekretaris Desa Kampung Baru Badrun, kepala Puskesmas Pembantu Desa Kampung Baru, Kepala Dusun, ketua RW dan RT, Ketua dan kader PKK Desa Kampung Baru, Tim Puskesmas Kecamatan Concong yang terdiri dari, dokter umum, tenaga Promkes, tenaga Sanitasi dan Tim Nusantara Sehat.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar