Makna Ziarah Nasional KBT Brebes di HUT ke-76 TNI


SIBERONE.COM – Keluarga Besar Tentara (KBT) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes, untuk memperingati HUT ke-76 TNI, 5 Oktober 2021, Senin (4/10/2021).

Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, memimpin rombongan untuk melakukan penghormatan dan tabur bunga kepada 69 arwah kusuma bangsa yang jasadnya terbaring di TMP tersebut.

Dandim mengatakan, ziarah ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-76 TNI.

“Ziarah pahlawan kali ini untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan seperti rela berkorban dan pantang menyerah, sebagai modal sosial untuk kemudian diterapkan dalam mengatasi berbagai permasalah bangsa,” ujarnya.

Lanjutnya, generasi penerus bangsa saat ini perlu mewarisi semangat kepahlawanan itu sehingga salah satu ajang introspeksi diri adalah tilik pahlawan.

Menurutnya, ziarah pahlawan kali ini juga untuk merawat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan khususnya bagi KBT di Kabupaten Brebes, dengan meresapi nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan para pahlawan, dimana mereka mengorbankan apa saja termasuk nyawanya demi memerdekakan bangsa ini 76 tahun silam.

Haikal berharap dengan bertambahnya umur TNI maka seluruh prajuritnya semakin militan dan profesional dalam mengemban tugas pokoknya yaitu mengawal kedaulatan NKRI.

“Dengan meneruskan perjuangan para pahlawan maka TNI kita harapkan dapat menjadi kebanggaan rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Turut hadir rombongan dari Subdenpom IV/1-4 Brebes, Kaminvetcad IV-07 Brebes Mayor Heri Rianto, Kapten Laut Zaenal Arif dari Lanal Tegal, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Dim 0713 Brebes, dan para tamu undangan lainnya. (HS/Aan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar