Wabup Inhil Apresiasi PT THIP Bantu Renovasi Dermaga dan Makam Tua di Tanjung Simpang


SIBERONE.COM  – Bersinergi dengan pelaksanaan Vaksinasi Wabup Inhil H Syamsuddin Uti juga melaksanakan potong pita (meresmikan) Bantuan Makam Tua dari PT. TH  Indo Plantation (PT THIP) program pemberdayaan pelestarian kearifan lokal budaya di Desa Tanjung Simpang, kecamatan Pelangiran kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (2/10/2021) siang.


Dikatakan Wabup mengenai bantuan Makam tua yang di Desa Tanjung Simpang dari PT. TH Indo Plantation tersebut merupakan bentuk kepedulian PT kepada masyarakat yang sering melakukan ziarah ke Makam tua.


"Saya selaku pimpinan daerah (wakil bupati) sangat mengapresiasi karya dari PT. TH Indo Plantation yang begitu peduli terhadap lingkungan sekitar perusahaan," ucap Wabup Inhil H Syamsuddin Uti.


Begitu juga bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian PT TH Indo Plantation kepada perjuangan pahlawan untuk itu PT TH Indo Plantation hadir di tengah-tengah masyarakat.


Wabup juga berpesan kepada masyarakat Desa Tanjung Simpang agar bantuan dari PT TH Indo Plantation membuat Makam menjadi indah dan layak tersebut dapat dirawat.


"Iya kita harus merawat, agar saat mau ziarah ke makam tua tersebut, tidak seperti dulu lagi, licak dan kotor, pada saat ini kita sudah mendapatkan bantuan, dari PT TH Indo Plantation, jadi saya mengajak masyarakat agar merawat Makam Tua tersebut," cetus Wabup.


Senada itu Syahri Abdullah ( Sr Manager SSL) mengatakan bahwa bantuan tersebut bentuk kepedulian PT THIP kepada masyarakat Desa Tanjung Simpang, dalam program pemberdayaan pelestarian kearifan lokal budaya. Membuat dermaga baru, pagar serta lantai bangunan Makam Tua saat masyarakat mau ziarah pada 1 Muharram menjadi nyaman.

Dikatakan Syahri Abdullah, sebelumnya  ada Dermaga, namun kondisinya kurang bagus, untuk menuju lokasi makam tua tersebut, dan pagar di lokasi makam serta lantai belum ada sama sekali, dengan kepedulian PT THIP, dalam program pemberdayaan pelestarian kearifan lokal budaya bisa membantu Makam Tua tersebut menjadi layak.

 

"Ya kan sebelumnya masyarakat desa Tanjung Simpang, mau ziarah dan melakukan zikir pada 1 Muharram, kondisi dermaga ada namun kurang bagus, jadi kita lakukan renovasi dermaga baru, dan lantai belum ada, jadi becek, licak jadi kami (PT THIP) di sini memberikan bantuan agar masyarakat mau ziarah ke Makam tua manjadi nyaman," ucapnya.


Sementara itu Arianto PJs Kepala  Desa Tanjung Simpang, mengucapkan terimakasih kepada Wabup Inhil dan PT TH Indo Plantation (PT. THIP) yang sudah begitu peduli dengan bantuan bangunan Makam Tua sehingga pada 1 Muharram untuk melaksanakan zikir bisa berjalan dengan lancar.


"Alhamdulillah saya mewakili masyarakat Desa Tanjung Simpang sangat senang dengan bantuan ini, sehingga kami mau ziarah ke Makam tua tidak seperti biasanya lagi, licak, dan pada hari ini langsung diresmikan oleh Bapak H Syamsuddin Uti Wabup Inhil," tuturnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa makam tua tersebut sudah berada di Desa Tanjung Simpang, berumur hampir puluhan tahun, dari Datok sampai orang tua turun menurun Makam Tua tersebut sudah ada di Desa Tanjung Simpang.


"Iya Makam Tua tersebut sudah lama sekali, saya juga tidak tau persis kayak mana sejarah makam tersebut, nama dan wafatnya juga tidak tau jadi kami di sini hanya generasi keturunan dan selalu melakukan seperti orang tua kami dulu, seperti 1 Muharram untuk melaksanakan ziarah dan melaksanakan zikir, di Makam Tua tersebut," pungkasnya.


Terkahir Arianto, mengucapkan ribuan terimakasih kepada PT THIP sudah mau mambantu, membangun dermaga baru menuju ke lokasi Makam Tua, dan Pagar serta lantai juga di buatkan. Sehingga menjadi nyaman saat ziarah ke makam tua.


"Iya kami sangat senang dengan bantuan dari PT THIP, terimakasih semoga apa yang diberikan ini bisa kemi jaga dan rawat, sehingga kami saat ke makam tua tidak seperti dulu lagi," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar