Efektif, OPD Hubungi dan Ingatkan Warga untuk Vaksinasi


SIBERONE.COM - Untuk meningkatkan capaian cakupan vaksinasi khususnya dosis kedua, Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono berinovasi dengan meminta OPD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal untuk menghubungi warga agar segera mengikuti vaksinasi.

Hasilnya sesuai laporan Kepala Dinkes Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, cakupan vaksinasi Kota Tegal saat ini sudah mencapai 90,32 persen untuk dosis pertama, sedangkan untuk dosis ke dua 47,48 persen. 

Wali Kota mengingatkan percepatan vaksinasi merupakan prioritas dari pusat dan untuk kebaikan bersama. "Harapannya di Kota Tegal bisa ikut mensukseskan program prioritas tersebut," harap Wali Kota saat Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM dan Percepatan Vaksinasi Kota Tegal di Gedung Adipura, Jum'at (24/09).

dr. Sri Primawati dalam arahannya saat mendampingi Wali Kota memberi apresiasi kepada OPD di Lingkungan Pemkot Tegal. "Apresiasi disampaikan kepada semua institusi baik dari pendidikan, kecamatan dan kelurahan serta dari OPD atas segala upaya yang sudah dilakukan untuk bisa meningkatkan capaian vaksinasi di Kota Tegal. Salah satunya dengan menghubungi dan mengingatkan warga untuk divaksinasi yang dirasa cukup efektif," ungkap dr. Sri Primawati di hadapan peserta Rakor yang terdiri dari OPD di Lingkungan Pemkot Tegal,  Camat, Lurah  serta institusi pendidikan dari sekolah sampai perguruan tinggi se-Kota Tegal.

dr. Sri Primawati juga memberikan apresiasi kepada Diskominfo dan Bagian Protokol dan Komunikasi Setda Kota Tegal.

"Dan juga dari Diskominfo dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan yang membantu menghubungi warga yang memang sudah waktunya untuk divaksinasi dosis kedua dan ini terbukti kemarin masih 46 persen sekarang sudah 47,48 persen," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari.

Untuk ketersediaan vaksinasi Kepala Dinkes memastikan cukup. Dengan adanya bantuan dari OJK,  Kota Tegal memiliki stok sebanyak 10.000 dosis vaksin Sinovac.

Untuk capaian perkecamatan hingga saat ini, untuk Tegal timur 71,45 persen, Tegal barat 64, 53, Tegal Selatan 64,47 dan margadana 60,54.

Sedangkan progres pada satuan pendidikan seperti yg di sampaikan kepala dinas pendidikan kota Tegal, yang sudah di vaksinasi untuk tahap kesatu 86,92 persen, dan untuk tahap kedua sebanyak 30,28 persen.

Meskipun capaian tahap kesatu sudah 90, 32 persen, Wali Kota menyebut tentunya harus diimbangi dengan capaian vaksin tahap kedua. Karena yg di hitung secara nasional adalah keseluruhan. Tidak hanya dosis pertama saja namun juga untuk dosis kedua. 

Wali Kota Tegal juga mengingatkan untuk tertib mengiput data pada aplikasi Pcare dan Smile agar data di lapangan dan pada sistem bisa sinkron. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar