460 Mahasiswa UPS Terjun ke Brebes, Apa Saja yang Akan Dilakukan?


SIBERONE.COM - Sebanyak 460 Mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) diterjunkan ke Brebes dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka bakal membantu edukasi, promosi dan sosialisasi Protokol Kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Brebes. Mereka diserahkan Wakil Rektor 2 UPS Tegal Purwo Susongko kepada Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH melalui zoom metting di ruang rapat Wakil Bupati Brebes, Senin (26/7).

Narjo menaruh harapan besar kepada Mahasiswa UPS yang diterjunkan bisa memberi manfaat kepada masyarakat terutama dalam turut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meskipun pelaksanaan KKN tahun ini berbeda, karena dalam pandemi Covid-19 namun Narjo yakin para mahasiswa tetap semangat menjalankan kegiatan KKN. 
Dia juga berharap mahasiswa menjadi pelopor dan garda depan dalam penerapan protokol kesehatan. Mampu berkontribusi nyata dalam membantu pemerintah dan masyarakat di saat pandemi Covid-19. Diketahui, banyak masyarakat yang terdampak Covid-19, diantaranya menurunnya pendapatan di sektor ekonomi. 

“Adik-adik mahasiswa, dapat memberikan program pemberdayaan masyarakat yang bisa menambah nilai ekonomi,” pesan Narjo.

Selanjutnya terkait program kegiatan, Narjo berharap mahasiswa tidak menyusun program kegiatan KKN hanya indah di konsep saja. Tetapi harus dapat direalisasikan secara nyata dan benar-benar memberikan perubahan dalam masyarakat. 

“Ingat 5 C, yakni cepat mengetahui, cepat belajar, cepat mengerti, cepat memutuskan dan cepat mengambil tindakan,” tandasnya. 

Cepat dan tanggap dalam memetakan potensi dan juga permasalahan, dan juga cepat menyesuaikan diri dengan adat istiadat dan norma masyarakat setempat. Sehingga dapat melakukan pendekatan yang simpatik, serta jadikanlah warga masyarakat sebagai sumber ilmu, sumber data dan informasi, karena itu, buatlah pola komunikasi dari hati ke hati dalam alur silaturakhmi yang hangat, sehingga lebih menjanjikan keberhasilan. 

“Saya juga berpesan kepada adik-adik mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat agar selalu berhati-hati. Kita harus waspada, namun tidak panik. Kita tidak pernah tau siapa-siapa yang menularkan virus, karena bisa saja kita berinteraksi dengan orang tanpa gejala. Untuk itu, jangan lupa selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar, berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan sering melakukan cuci tangan pakai sabun dan juga selalu jaga jarak,” pungkas Narjo.

Wakil Rektor 2 Bidang Akademik UPS Tegal Purwo Susongko mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes yang membantu UPS. Utamanya, di dalam penyelenggaraan pendidikan yang dibuktikan dengan menerima mahasiswa dalam melaksanakan KKN. 

“Untuk tahun ini tema KKN adalah “Daya Sakti Lawan Covid-19”, ujar Purwo.

Lanjut Purwo, dalam KKN ini pihaknya memfokuskan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu mahasiswa KKN agar bisa menjadi fasilitator atau pendamping suksesnya program vaksinisasi Covid-19.

Hadir pada acara tersebut Kabag Perekonomian Setda Brebes Dra Farikhah, Kabag Organisasi Setda Brebes Dra Julining Pirulla Dewi, Sekertaris Baperlitbanda Brebes Dirwanto. (HS/hms)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar