Aksi Bersih Pantai, KKN PKM UNHAS Gel 106 Dipusatkan di Desa Punaga


SIBERONE.COM - Aksi Bersih Pantai digelar Sabtu bersih oleh peserta KKN PPM UNHAS Gel.106 Wilayah Takalar 2 melalui aksi bersih pantai yang dipusatkan di pesisir pantai Desa Punaga tepatnya di Dusun Malelaya. Aksi bersih pantai melibatkan kolaborasi dengan masyarakat sekitar, seperti karangtaruna Desa Laikang, pemuda Desa Punaga, Santri TK TPA di Dusun Malelaya, pemerintah setempat serta masyarakat Desa Punaga, Sabtu (10/7).

Diawali dengan senam pagi, peserta KKN PPM UNHAS wilayah Takalar 2 start 6.30 dengan senam pagi sebagai pemanasan kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih pantai bersama semua pihak yang membantu. Kegiatan ini sebagai langkah awal dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Berawal dari melihat kondisi di Desa Punaga yang merupakan kawasan pantai. Sehingga sampah yang ada disepanjang pantai Desa Punaga dominan dari botol plastik yang digunakan sebagai pelampung budidaya rumput laut. Hal tersebut yang menjadikan sepanjang pantai Punaga terdapat botol plastik bekas yang berserakan dimana-mana. Serta telah diketahui bersama bahwa sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai bahkan nyaris tidak bisa terurai. Hal inilah yang mendasari aksi bersih pantai tersebut digelar serta perwujudan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan KKN PPM kali ini.

Koordinator KKN wilayah Takalar 2, Rifka berharap "Pasca aksi ini, masyarakat bisa lebih sadar untuk mengumpulkan botol botol bekas yang tak terpakai sehingga tidak ada yang berserakan disepanjang pantai punaga, serta terbangun kesadaran seluruh elemen masyarakat dalam penerapan hidup bersih dan sehat khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini." Ujarnya.

Ditambahkan "Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terima kasih kepada semua elemen yang membantu. Dalam proses kegiatan ini, tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Tutupnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar