Satuan Binmas Berikan Edukasi Warga Tata Cara Beternak Ikan


SIBERONE.COM - Bertempat di Sesa Bandia Distrik Karubaga, Personil Sat Binmas melaksanakan giat sambang kamtibmas Polisi Sahabat Tani pada spot ternak ikan disertai pemberian edukasi cara beternak ikan yang baik dan benar, Jumat, (9/7).

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Tolikara AKBP Dr. Y. Takamully, S.H, M.H melalui Kasat Binmas Iptu Widada menjelaskan ketika personilnya tiba di lokasi langsung mengecek kondisi beberapa kolam ikan yang sekaligus mengajak petani untuk bergotong royong membersihkannya.

"Usai bergotong-royong membersihkan kolam, personil memberikan edukasi cara beternak ikan diantaranya bagaimana cara membuat kolam pemijahan dan membuat perlengkapan pendukung diantaranya membuat kolam pemijahan dari bahan terpal, membuat kakaban (media untuk menempelkan telur ikan) serta membuat naungan kolam," ujar Kasat Binmas Iptu Widada.

Dilanjutkan dengan mengedukasi petani bagaiman cara memilih indukan ikan yang sehat yang kemudian ditandai dengan warna sisik yang cerah (berkilau), induk dan pejantan yang sudah siap dapat diambil sel telur dan spermanya sehingga dapat di lakukan proses pembenihan oleh anggota bhabinkamtibmas Briptu Yordan. P. Bonay.

Kasat Binmas turut menambahkan bahwa kegiatan kunjungan sambang kamtibmas Polisi Sahabat Tani satuan Binmas Polres Tolikara ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap kelompok tani serta mengedukasi petani cara untuk memijah ikan.

"Yang mana hal ini bertujuan agar petani bisa menghasilkan benih ikan yang bagus dan sesuai dengan kondisi kolam pembudidayanya serta petani tidak tergantung dengan kebutuhan benih dari daerah lain, dan dapat memenuhi kebutuhan benih sendiri hingga mandiri dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dari sektor perikanan dan pertanian," tutup Iptu Widada. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar