Serbuan Vaksinasi Covid-19 Kodim Brebes Hari Kedua


SIBERONE.COM - Kodim 0713 Brebes kembali menggelar vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum, Minggu (4/7/2021).

Ratusan warga sangat antusias mengikuti vaksinasi, bahkan mereka rela mengantri untuk mendapatkan nomor dan blangko vaksinasi sejak pukul 05.00 WIB.

Salah satunya adalah Unggul (45), warga asal Jalan Dr. Setiabudi, Kelurahan/Kecamatan Brebes, mengaku sudah mengantri sejak pukul 06.20 WIB, dan mendapatkan nomor antrian 393.

“Saya berterima kasih sekali dengan adanya vaksinasi Covid-19 gratis bagi warga masyarakat. Selain untuk mendapatkan kekebalan tubuh, saya perlu surat keterangan telah divaksin jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai administrasi pelayanan keperluan publik,” ungkapnya.

Sementara disampaikan Dandim Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan melalui Kapten Arhanud Suryadi, SH, Pjs. Pasi Ops, untuk target vaksinasi di hari kedua ini adalah 636 orang/dosis.

“Vaksinasi sinovac di hari pertama tercapai 364 orang dari 500 dosis yang disediakan. Untuk hari ini disiapkan 636 dosis sehingga target 1.000 dosis tercapai dalam dua hari ini,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa penerima vaksin adalah hanya yang memenuhi syarat kesehatan, oleh karena itu di hari pertama hanya tercapai 364 orang.

Lanjutnya, vaksinasi massal diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat akan vaksin, terlebih juga sebagai salah satu persyaratan warga untuk mendapatkan berbagai bantuan tunai dari pemerintah.

Di hari kedua vaksinasi ini, antrian depan Makodim Brebes, Jalan Jenderal Sudirman No. 107, lebih panjang dari hari pertama. Calon peserta vaksinasi juga melebihi kuota yang ditetapkan sehingga calon diberikan nomor antrian, yaitu nomor 1-636. Sedangkan jika dari calon itu ada yang gagal divaksin karena faktor kesehatan, maka akan digantikan calon peserta lainnya yang setia menunggu di depan Makodim.

Selanjutnya calon peserta yang mendapatkan nomor antrian, masih dibagi dalam beberapa gelombang agar tidak menimbulkan kerumunan di dalam lingkungan Makodim.

“Pembagian gelombang itu sebagai upaya protokol kesehatan. Kita menyiapkan 5 tenda pleton dan 1 tenda regu yang dilengkapi kursi untuk para peserta yang akan divaksinasi di Aula Makodim,” sambungnya.

Selain di tenda, juga digelar kursi di Masjid Darut Taqwa Kodim untuk menunggu antrian.

Kepala Puskesmas Siwuluh, Kecamatan Bulakamba, dr. Suparto Hary Wibowo, M.Kes mengatakan, pihaknya dibantu para tenaga medis dari RS. Bhakti Asih Brebes yang diketuai dr. Melinda (dokter umum) dan juga kesehatan TNI dari Klinik Pratama Kartika 13 Brebes.

Untuk diketahui, vaksinasi di Kodim Brebes guna mempercepat target satu juta vaksinasi per hari yang dicanangkan pemerintah pusat sampai dengan akhir Juni sampai Juli 2021 nanti. Pemerintah juga sudah mencanangkan untuk meningkatkan vaksinasi menjadi dua kali lipat pada Agustus 2021 nanti.

Untuk di Jateng sendiri, vaksinasi dilakukan di 35 kabupaten/kota, dengan pelaksana Pemkab yang bersinergi dengan Kodim serta Polres.

Vaksinasi massal sebelumnya telah dilakukan pemkab melalui Dinkes Brebes selama 3 hari yang dipusatkan di Islamic Centre Brebes mulai 26 Juni 2021 lalu. Kemudian diteruskan Polres Brebes dengan 1.000 dosis pada 30 Juni 2021 lalu, untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-75. (HS/Aan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar