SMK Tajimalela Pamarayan, Sekolah Unggulan Berbasis Ekonomi Keratif dan Seni Budaya Banten


SIBERONE.COM - Menghadapi kondisi sosial yang tidak memenntu dan masih disibukkan oleh Covid 19, Sekolah Menengah Kejuruan Tajimalela melakukan terobosan dengan menggunakan sumber daya yang ada baik dengan fasilitas pembelajaran maupun guru sebagai sumber belajar, Sekolah ini mengedepankan para siswanya dengan teknologi dan media belajar yang berbasi Informasi Teknologi (IT) dengan keunggulan sebagai Sekolah yang memiliki jurusan Multimedia,  Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Bisnis Sepeda Motor. Ini memberikan materi aplikatif terhadap siswa karena sekarang ini sekolah degan keunggulan inilah yang akan terus eksis dengan melihat kondisi negara yang masih adalam Pandemi Covid 19.

Menurut Kepala SMK Tajimalela Sri Pratini Tungga Dewi sekolah yang ia pimpin mengedepankan ekonomi kreatif sebagai unggulan karena justru dengan kemampuan siswa yang menguasai IT dan Multimedia inilah menjadi sumber lapangan penghidupan bagi para alumni, karena para siswa yang pernah didik di SMK tajimalela, kini banyak yang berprofesi sebagai kretaif baik sebagai fotografer lepas maupun sebagai teknisi yang handal di bidang Teknologi Informai dan jaringan berbasis internet.

Ditambah dengan keunggulan SMK Tajimalela yang berbasis Seni Budaya klasik, yang kini tengah digandrungi oleh warga masyarakat yang melaksanakan pernikahan putra-putrinya sangat mengedepankan upacara adat tradisi Sunda dan menggunkan jasa dari SMK Tajimalela yang hampir pentas di berbagai tempat. 

Membuat pernikahan menjadi hidmat dan penuh haru dengan adanya iringan upacara adat dari SMK Tajimalela. " Sudah enam tahun sekolah kami menjuala jasa ekonomi kreatif dengan paduan antara keahlian multimedia dan IT dengan  seni upacara adat sunda mapag panganten,"kata Kepala SMK Tajimalela Sri Pratini.

Selain itu, SMK TAJIMALELA juga memberikan kesempatan bagi anak didik yang berasal dari kalangan kurang mampu dan dhuafa serta anak yatim piatu untuk masuk ke sekolah SMK Tajimalela.

Menurut Ketua Yayasan Harapan Rakyat Banten yang mnaungi SMK Tajimalela pemberian baesiswa penuh tersebut dalam rangka darma bakti nya bagi warga masyarakat yang kurang beruntuk agar putra putrinya bisa mengenyam pendidikan tanpa diskriminasi dan mendapat hak yang sama dalam pendidikan. 

"Kemampuan yayasan kami untuk tahun ajaran 2021/2022 hanya untuk seratus (100) orang  dengan pendidikan gratis sampai tamat kelas XII, khusus anak yatim piatu diberikan beasiswa plus biaya hidup selama belajar untuk yang tinggal di asrama SMK Tajimalela. Semua pakaian seragam dan batik gratis dan fasilitas biaya hidup dan uang saku bagi para siswa yatim piatu.Ini diberikan sampai anak lulus SMK tanpa ada pembiayaan sama sekali asal mau belajar,"terangnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar