KPAD Inhil: Orang Tua Adalah Guru yang Paling Dekat dengan Anak


SIBERONE.COM - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Inhil berikan motivasi kepada orang tua siswa dan siswa  yang tengah menjalani libur dan melaksanakan belajar di rumah karena pandemi Covid-19.

Komisione KPAD Inhil, Sarwo Saddam Matondang, SH dalam wawancaranya menyebutkan pola belajar di rumah yang langsung dibimbing oleh orang tua terhadap anak adalah metode yang sering dilaksanakan oleh anak sekolah pada zaman dahulu. 

"Sama halnya kita pada zaman dahulu, melalui bimbingan orang tua di rumah sehingga bisa lebih banyak paham," tukasnya, Senin (27/4/2020).

Sarwo Saddam mengatakan, pola belajar di rumah ini lebih cendrung cepat dimengerti terhadap anak karena orang tua memiliki kedekatan emosional dengan anak sehingga tau cara memahamkan anak, sementara anak juga merasa tidak canggung terhadap guru yang dihadapinya. 

"Orang tua adalah guru yang paling dekat dengan anak karena orang tua tau selera dan perangai anak sehingga bisa mengerti kemampuan serta tau cara memahamkan anak di rumah," pungkasnya. 

Sarwo Saddam yang juga seorang pengacara ini menambahkan, selama ini kesempatan bermain dan belajar antara orang tua dengan anak kurang terealisasi karena mungkin fakor kesibukan masing-masing, orang tua disibukan bekerja dan anak disibukkan jadwal sekolah.

Jadi, lanjut Sarwo Saddam, di masa pandemi inilah orang tua mendapat kesempatan bisa bermain dan belajar dengan anak di rumah "Kita ambil hikmahnya, dengan adanya ini, kita semua tidak disibukkan dan fokus berada di rumah saling mengisi waktu dengan belajar," jelasnya.

Demi kelancaran proses belajar di rumah, Sarwo Saddam menghimbau kepada orang tua agar tidak berhenti memberikan tugas kepada anak, dan apabila ada kendala dengan mata pelajaran secepatnya dikonsultasikan dengan Guru atau wali kelas anak. 

"Jika kehabisan bahan atau tidak mengerti dengan pelajaran anak,  silahkan hubungi gurunya lewat telpon agar bisa dibimbing sehingga anak di rumah tetap belajar sampai wabah ini berakhir," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar