Korban Kebakaran di Kapuk Muara Terima Bantuan Bahan Pangan Konversi Sedekah Minyak Jelantah


SIBERONE.COM - Bantuan kemanusiaan terus mengalir pasca terjadinya kebakaran di Rukun Warga (RW) 04 Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (8/5) malam.

Salah satu bantuan kemanusiaan datang dari Rumah Sosial Kutub yang menyalurkan bantuan bahan pangan hasil konversi program sedekah minyak jelantah di Jakarta Utara.

Direktur Rumah Sosial Kutub Suhito pastikan bantuan pangan telah disalurkan kepada korban kebakaran di kawasan Kelurahan Kapuk Muara.

Dirinci bantuan pangan terdiri dari sepuluh karung beras, tiga puluh dus air mineral, lima belas kilogram telur, saru jerigen minyak goreng, dua dus minuman sehat dan jahe, serta sejumlah makanan siap santap untuk berbuka puasa.

"Bantuan kami salurkan dengan menggunakan satu kendaraan mobil pickup. Bantuan berisi bahan pangan yang tentunya dibutuhkan para korban bencana," kata Suhito melalui pesan singkatnya, Rabu (12/5).

Suhito menjelaskan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan ini merupakan konversi sedekah minyak jelantah hasil kolaborasi bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Utara dan Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Utara.

Total sedekah minyak jelantah yang terkumpul pada konversi bantuan pangan ini sebanyak 12.780 liter selama periode Januari hingga April 2021.

"Jika dari sedekah limbah minyak jelantah saja kita bisa membantu mereka yang membutuhkan, lalu masihkan kita menunda berbuat kebajikan? Yuk mulai sedekah dari apa yang kita punya terlebih dahulu. Insyallah semua ada balasan pahala dari Allah SWT," ungkapnya.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengucap terima kasih atas penyaluran bantuan bahan pangan tersebut. Bantuan ini tidak terlepas dari sedekah minyak jelantah warga Jakarta Utara yang tentunya sangat bermanfaat bagi warga lainnya yang membutuhkan.

"Semoga kebaikan warga yang sudah sedekah minyak jelantah ini mendapatkan keberkahan, termasuk bagi Rumah Sosial Kutub yang telah berupaya menjalankan program ini," sambung Ali yang saat itu didampingi Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara Achmad Hariadi.

Diketahui, api yang melahap puluhan rumah di RT 11 dan 12 RW 04 Kelurahan Kapuk Muara mengakibatkan 1.449 jiwa atau 375 keluarga kehilangan tempat tinggal. Kuat dugaan peristiwa nahas ini dipicu korsleting listrik pada salah satu rumah warga. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar