Kenang Tokoh Pendidikan Islam di Inhil, MA Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Gelar Haul Jama'

Foto bersama setelah pelaksanaan haul jama di MA Hidayatul Islamiah Kuala Lahang (sumber foto: Saiful)

SIBERONE.COM - Sebagai wujud cinta kasih kepada para pendiri dan juga tokoh pendidikan Islam di Kelurahan Kuala Lahang, Kecamatan Gaung, Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Islamiyah menggelar kegiatan Haul Jama', pada Sabtu, 2 Maret 2024.

 

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk mengenang kembali perjuangan para pendiri dan tokoh pendidikan Islam di Kuala Lahang, sekaligus memperingati Haul Jama' tokoh pendidikan Islam di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), yakni Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari (Mufti Kerajaan Indragiri) saat menjelang memasuki bulan Suci Ramadhan. Haul yang digelar itu juga turut dihadiri Forkopimcam dan tokoh Masyarakat Kuala Lahang dan sekitarnya.

 

"Kegiatan Haul ini sebagai alternatif solusi, seraya berupaya untuk mengenang sejarah pendiri Madrasah dan tokoh-tokoh pendidikan di Kuala Lahang dan Sekitar, meneladani perjuangan, sekaligus mendoakan agar amal baiknya diterima di sisi Allah SWT," ujar Kepala MA Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang, A.Dardi.,SH, Sabtu (02/03/2024) siang.

 

A.Dardi.,SH juga menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada seluruh pihak yang memberikan support moril dan materil dari mulai persiapan hingga terlaksananya acara haul ini.

 

"Terimakasih banyak atas dukungan dari semua pihak sehingga Haul Jamak tahun ini bisa terlaksana dengan lancar, kita berharap kedepannya bisa dilaksanakan lagi dan selamat menyambut bulan Suci Ramadhan tahun 2024," ucapnya.

 

Dalam pidatonya, A.Dardi.,SH juga menceritakan Sejarah singkat para tokoh pendiri Pendidikan islam di Kuala Lahang, dan ditutup dengan harapan acara haul ini bisa dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya untuk mengenang jasa para ulama dan tokoh-tokoh pendiri Pendidikan islam ini serta mendoakan almarhum/almarhumah.

 

Acara ditutup dengan ceramah agama oleh ustadz Baihaqi Abdurrahman Siddiq yang bercerita tentang perjalanan Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh M. Afif Al Banjari dan pesan-pesan Pendidikan keagamaan dalam perjalanannya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar