UIR-DPP APINDO Riau-BPJS Ketenagakerjaan MoU Mahasiswa Magang Melalui APINDO UMKM MERDEKA

BP AMSOSTEK Pekanbaru menjalin kerjasama dengan UIR dalam rangka memberikan perlindungan kepada mahasiswa magang. (Yan)

SIBERONE.COM - Menindaklanjuti MoU BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Riau, beberapa waktu lalu, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekanbaru Kota bersama Universitas Islam Riau (UIR)-DPP APINDO Riau melaksanakan MoU Mahasiswa Magang melalui APINDO UMKM Merdeka (AUM), Jumat (26/1/2024). Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) ini nantinya diberikan kepada mahasiswa yang melakukan magang  ke UMKM-UMKM yang kerjasama dengan APINDO.

Penandatangan kerjasama itu ditandatangani langsung oleh Kepala Cabang (Kacab) BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman S Achwan, Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dan Ketua DPP APINDO Riau, Wijatmoko Rah Trisno.

Kacab BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman S Achwan menyebutkan, MoU ini bertujuan untuk memberikan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada para mahasiswa UIR yang akan melaksanakan program magang.

"Mahasiswa magang akan menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan para mahasiswa magang," ujar Iman, Senin (29/1/2024).

Iman mengakui, saat kegiatan magang, tidak terlepas dari resiko pekerjaan yang bisa menimpa para mahasiswa. Sehingga dengan adanya program JKK dan JKM, mahasiswa UIR akan menjadi semakin aman dan nyaman dalam beraktivitas.

Ia pun mengapresiasi UIR yang telah mengikutsertakan mahasiswa yang melaksanakan program magang menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, tentu mahasiswa akan merasa aman dan nyaman saat melaksanakan magang.

"Alhamdulillah, mayoritas mahasiswa magang UIR telah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya ini harus menjadi contoh bagi kampus-kampus lain di Riau untuk mendaftarkan mahasiswa magang sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, mereka dapat merasakan manfaat atau terlindungi ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," ucap Iman.

Ketua DPP APINDO Riau, Wijatmoko Rah Trisno mengatakan, ada 2 target utama baik dari segi input maupun output dari Program Nasional APINDO UMKM Merdeka. Program ini diharapkan dapat me-link and match kan potensi keduanya agar dapat mendorong serta mempercepat kemampuan mahasiswa dan UMKM agar bisa semaksimal mungkin menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya di Riau.

“APINDO melaksanakan program alternatif sebagai salah satu solusi untuk negeri di dalam mengatasi permasalah kedua potensi besar tersebut dengan melaksanakan program nasional APINDO UMKM Merdeka (AUM). Tujuan program nasional tersebut dalam rangka meningkatkan dan mengakselerasikan kedua potensi besar tersebut sehingga Indonesia emas akan terwujud lebih cepat,” terang Wijatmoko.

Sementara itu, Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL menyatakan dukungannya atas kerja sama UIR dengan BPJAMSOSTEK dan APINDO Riau. Pihaknya selalu berupaya untuk memberikan pengalaman magang yang aman dan nyaman bagi para mahasiswa.

"MoU ini adalah komitmen kami dalam menjalankan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mahasiswa yang melakukan magang. Sehingga, saat magang nanti, mahasiswa merasa aman, nyaman dan tenang, karena sudah terlindungi dalam program Jamsostek," kata Syafrinaldi.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar