Kunjungan di Kecamatan Reteh, Pj Bupati Inhil Ikut Panen Raya Padi Unggul Lokal dan Temu Ramah ke Masyarakat

Pelaksanaan panen raya padi unggul bersama Kelompok Tani Teras Jaya Desa Sanglar Kecamatan Reteh, Sabtu, (23/12/2023).

SIBERONE.COM - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H. Herman, SE, MT di dampingi Pj Ketua TP PKK Inhil Hj. Katerina Susanti melakukan panen raya padi unggul bersama Kelompok Tani Teras Jaya Desa Sanglar Kecamatan Reteh, Sabtu, (23/12/2023).

Panen Raya Bibit Unggul Lokal ini disejalankan dengan 'Gerakan Tanam Padi Unggul Lokal' yang ditandai dengan penanaman benih bibit padi lokal jenis IP 300 (Karan Dukuh) oleh Pj Bupati beserta Dandim 0314/Inhil, Kadis Pertanian, Pj Ketua TP PKK serta Camat Reteh. 

Pj. Bupati Inhil H. Herman, SE, MT juga berkesempatan melaksanakan temu ramah dan menyerahkan bantuan berupa bibit padi oleh BSIP bekerjasama dengan Pemda Inhil kepada Kelompok Tani di desa Sanglar.

Dikatakan Herman, Kecamatan Reteh salah satu Wilayah/Daerah Kawasan Sentra Produksi Pangan terluas di Kabupaten Indragiri Hilir,dengan luas baku sawah 2.530,69 Ha dengan Produktivitas Padi 42,98 Kwintal/Ha. Produksi padi di Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun 2022 mencapai 73.601,84 Ton dengan produktifitas rata rata 40,92 Kwintal/Ha.

"Melalui momen Tanam dan Panen Raya Padi yang dilaksanakan bersama hari ini, saya berharap kelompok tani di Desa sanglar khususnya di Kecamatan Reteh bisa lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan Tanam Padi Unggul Lokal Spesifik Indragiri Hilir dan akan mendapatkan hasil panen maksimal," katanya. 

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan dukungan dengan bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Dalam kesempatan ini saya selaku Kepala Daerah akan terus mensupport Petani dengan bantuan-bantuan sarana produksi padi baik pupuk, benih, pestisida maupun alat mesin pertanian pra panen dan pasca panen serta mentargetkan pada tahun 2024 mendatang akan melaksanakan tanam padi serentak dengan luas 3000 hektar," ungkapnya. 

"Terakhir saya berpesan Kepada Kelompok Tani untuk membenahi resmiling sehingga menghasilkan kwalitas beras di hasilkan bagus," tutup Pj Bupati Inhil. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar