Tingkatkan Ketahanan Tubuh Bayi, Kadinkes Inhil Imbau Ibu Berikan ASI Ekslusif

Ilustrasi pemberian ASI Eksklusif (sumber foto: halodoc.com)

SIBERONE.COM - Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sedangkan ASI Eksklusif adalah bayi sejak lahir usia 0- 6 bulan hanya diberi ASI saja tidak diberi makanan ataupun minuman tambahan apapun, karena sudah memenuhi seluruh kebutuhan bayi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil),  Rahmi Indrasuri menerangkan pemberian ASI Ekslusif tentunyan memiliki ragam manfaat, tidak hanya bermanfaat bagi bayi, pemberian Asi Eksklusif juga bermanfaat bagi ibu. 

Keuntungan pemberian ASI Ekslusif bagi bayi :

- Makanan alamiah yang memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan bayi sampai usia 6 bulan

- Mudah dicerna oleh bayi dan jarang menyebabkan konstipasi (susah buang air besar) serta melindungi bayi dari serangan alergi

- Meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung berbagai zat kekebalan.

- Mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, Kanker pada anak dan penyakit jantung bila mereka dewasa

- Mengandung asam lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan otak sehingga bayi yang diberikan ASI Eksklusif potensial lebih pandai.

- Meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara serta menunjang perkembangan motorik untuk lebih cepat bisa jalan

- Pertumbuhan rahang lebih optimal

-ASI membuat berat badan bayi menjadi lebih ideal

- Memberikan ASI juga membina ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi melalui sentuhan kulit.

"ASI eksklusif untuk bayi yang diberikan ibu mempunyai peranan penting, yakni meningkatkan ketahanan tubuh bayi karenanya bisa mencegah bayi terserang berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan bayi," ucap Rahmi. 

Sementara itu keuntungan bagi Ibu yang memberikan ASI  yaitu dapat mengurangi perdarahan setelah melahirkan, mengembalikan ukuran rahim, lebih cepat langsing kembali, tidak merepotkan dan hemat waktu, lebih ekonomis/murah, mengurangi kemungkinan menderita Kanker, menjarangkan kehamilan dan memberi kepuasan bagi ibu. 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar