6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir-Dinkes Inhil

6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir-Dinkes Inhil (sumber foto: Kids.grid.id)

SIBERONE.COM - Tips cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ala Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Indragiri Hilir (Inhil) Rahmi Indrasuri.

“Ada enam langkah mencuci tangan pakai sabung dengan air mengalir yang perli dipahami,” sebut Rahmi Indrasuri.

Cara pertama kata Rahmi Indrasuri, basuh tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. 
 

Langkah kedua, usap dan gosok huga kedua punggung tangan secara bergantian.

Setelaha itu, lakukan langkah ketiga dengan cara gosok cela-cela jari tangan hingga bersih.

Yang ke empat, bersihakan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

Nah, untuk langkah terakhir letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Nah, mengapa harus pakai sabun? Hal ini dilakukan karena tangan melakukan banyak hal.

“Hal ini dilakukan karena banyak aktivitas yang kita lakukan sepeti memegang hewan peliharaan, membersihkan kotoran, menyiapkan makanan, memberi makan anak, menyusui bayi, dan lain lain. Jika tidak dicuci maka dapat memindahkan kuman penyakit,” turur Rahmi Indrasuri.

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mencegah penyakit diare, infeksi saluran pernafasa atas hingga lebih dari 50 persen, menutunkan 50 persen insiden Avian Influensa, hepatitis A, kecacingan dan masih banyak lagi.

“Waktu yang penting untuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan, setelah BAB, sebelum menjamah makanan, sebelum menyusui, dan setelah beraktivitas,” tukasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar