Sungai Luar Inhil Terima Anugrah Unggulan II Kategori Kelembagaan dan CHSE pada Apresiasi Desa Wisata Riau 2023

Anugrah Desa Wisata Riau 2023, Desa Wisata Sungai Luar Inhil (sumber foto: Disparporabud Inhil)

SIBERONE.COM - Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima apresiasi Desa Wisata Riau 2023 pada Malam Anugrah Apresiasi Desa Wisata 2023 yang digelar di Riau Garden, Pekanbaru, Sabtu (02/12/2023).

Pada Malam Anugrah tersebut Desa Sungai Luar menerima apresiasi sebagai Unggulan II Kategori Kelembagaan dan CHSE yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Budaya (Disparporabud) Inhil, Qudri Ramaputera.

Qudri Ramaputera dalam wawancaranya menyampaikan apresiasinya kepada Desa Sungai Luar yang meraih penghargaan sebagai Unggulan II Kategori Kelembagaan dan CHSE.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Indragiri Hilir khususnya Desa Sungai Luar. Kedepannya tentunya kita mengharapkan Wisata di Kabupaten Inhil makin maju dan berkembang," ujar Rama.

Sebelumnya, Dewan juri menetapkan pemenang 12 besar lomba desa wisata dan apresiasi desa wisata Riau 2023. Juara 1 diraih oleh Desa Wisata Tanjung Punak, Kabupaten Bengkalis. Lalu, untuk juara 2 diraih oleh Desa Wisata Pebaun Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Lalu juara 3 diraih oleh Desa Wisata Koto Ruang, Kabupaten Rokan Hulu.

Kemudian, ada pula apresiasi desa wisata berdasarkan kategori daya tarik pengunjung. Juara unggulan 1 adalah Desa Wisata Kampung Bono, Kabupaten Pelalawan dan juara unggulan 2, yaitu Desa Wisata Kota Lama, Kabupaten Indragiri Hulu.

Untuk juara kategori homestay dan toilet, adalah Kampung Wisata Okura, Pekanbaru. Kemudian, pada kategori kelembagaan dan CHSE, juara unggulan 1 diraih Desa Wisata Tanjung Belit, Kabupaten Kampar dan juara unggulan 2, adalah Desa Wisata Sungai Luar, Kabupaten Indragiri Hilir.

Selanjutnya, pada kategori digital kreatif, juara unggulan 1 diraih oleh Desa Wisata Sungai Mempura, Kabupaten Siak. Desa Wisata Batu Tilam, Kabupaten Kampar meraih juara unggulan 2.

Pada kategori souvenir, juara unggulan 1 diraih oleh Desa Wisata Langgam, Kabupaten Pelalawan. Sementara, Desa Wisata Kedabu Rapat, Kabupaten Kepulauan Meranti meraih juara unggulan 2.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar