Hadiri Pertemuan Pembinaan Kelompok Operasional Posyandu, Kadinkes Inhil Ajak Kerjasama Para Kader,

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil melalui Maria Hairani, SKM, Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Inhil menyampaikan sambutan pada pertemuan, Rabu (11/10/23). (sumber foto: Ade)

SIBERONE.COM - Posyandu merupakan salah satu target dalam pelaksanaan integrasi layanan kesehatan primer dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif serta membantu dalam identifikasi masalah kesehatan di tingkat keluarga melalui kunjungan rumah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil melalui Maria Hairani, SKM, Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Inhil saat menghadiri Pertemuan dalam Rangka Fasilitasi dan Pembinaan Kelompok Kerja Operasional Posyandu Kabupaten, Rabu (11/10/2023). 

Dia menjelaskan bahwa suksesnya program Posyandu ini tentunya perlu ada dukungan-dukungan diantaranya penguatan terkait kelembagaannya, penguatan terkait dengan SDM nya, dan yang paling penting adalah terkait kader posyandunya. 

"Mengintegrasikan pelayanan di posyandu bukan merupakan hal yang mudah. Berbagai tantangan tentu akan ditemui dalam pelaksanaannya, olehnya itu perlu adanya kolaborasi oleh semua unsur dalam menyukseskan pelaksanaan posyandu di desa. Pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) merupakan salah satu metode menggandeng semua unsur untuk berkerja bersama-sama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan," tukasnya 

Untuk itu, Kepala Dinkes Inhil meminta dukungan agar bagaimana insentif kader itu bisa lebih ditingkatkan karena kita ketahui kader posyandu merupakan ujung tombak dari suksesnya pelaksanaan posyandu ini.

"Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan kader Posyandu, mari bersama kita berkerjasama menyukseskan pelaksanaan posyandu di desa," pungkasnya. 

Kegiatan ini turut juga dihadiri oleh, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, yang diwakili Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Riau Rosita, Dengan pemateri dari beberapa narasumber antara lain Kepala Bidang Kesmas Dinkes Riau, Bappeda Inhil, Perwakilan dari Dinas PMD Inhil, dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Riau. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait Pembinaan Kelompok kerja Operasional Posyandu Kabupaten Indragiri Hilir.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar