BPJS Ketenagakerjaan Siap Lindungi Pelaku UMKM dan Mahasiswa

APINDO Riau Gelar Launching, MoU dan Match Up UMKM Merdeka

Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Perwakilan UMKM (Dok. BPJAMSOSTEK)

SIBERONE.COM - Untuk mendorong serta mempercepat kemampuan mahasiswa dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa semaksimal mungkin menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya di Riau, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Riau menggelar Launching, MoU dan Match Up UMKM Merdeka di Riau, Rabu (1/11/2023) di Gedung Daerah Balai Serindit.

Hadir dalam kegiatan itu, Gubenur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Wakil Kepala Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbarriau, Helena, Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, Iman S Achwan SIP MAP, Forkompinda Riau, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, pengurus APINDO, rektor, dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Riau serta pelaku UMKM.

Ketua DPP APINDO Riau, Wijatmoko Rah Trisno mengatakan, sesuai dengan tagline Launching, MoU dan Match Up APINDO UMKM Merdeka, ada 2 target utama baik dari segi input maupun output dari Program Nasional APINDO UMKM Merdeka. Program ini diharapkan dapat me-link and match kan potensi keduanya agar dapat mendorong serta mempercepat kemampuan mahasiswa dan UMKM agar bisa semaksimal mungkin menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya di Riau.

“APINDO melaksanakan program alternatif sebagai salah satu solusi untuk negeri di dalam men gatasi permasalah kedua potensi besar tersebut dengan melaksanakan program nasional APINDO UMKM Merdeka (AUM). Tujuan program nasional tersebut dalam rangka meningkatkan dan mengakselerasikan kedua potensi besar tersebut sehingga Indonesia emas akan terwujud lebih cepat,” ujar Wijatmoko.

Sementara itu, Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi berharap, kegiatan ini mampu menciptakan mahasiswa yang unggul dan dapat bersaing dengan mahasiswa dari negara lain dengan pengem bangan kreativitasnya.

Di sisi lain, Wakil Kepala Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbarriau, Helena mengungkapkan, saat ini coverage share Kota pekanbaru untuk perlindungan jaminan sosial tenaga kerja berada di angka 61,30 persen dan masih ada 166.697 pekerja belum memiliki perlindungan BPJS

Ketenagakerjaan. Untuk lebih memantapkan pelaksanaannya BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan APINDO untuk melaksanakan program AUM.

“UMKM Merdeka merupakan program magang yang digagas oleh APINDO Riau, dimana untuk menyediakan laboratorium praktek bagi mahasiswa yang akan di tempatkan di UMKM-UMKM,” kata Helena.

Sebagaimana diketahui, kepesertaan magang di Kota Pekanbaru sampai saat ini sebanyak 2.366 tenaga kerja selama tahun 2023. Untuk mendorong peningkatan kesejahteraan kehidupan mahasiswa dan UMKM, forum ini menjadi media sinergi di antara pihak-pihak atau instansi terkait untuk mengoptimalkan fungsinya dengan harapan agar seluruh peserta magang dan pelaku UMKM di Provinsi Riau dapat merasakan manfaat atau terlindungi ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Senada dengan Helena, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, Iman S Achwan menyambut baik pelaksanaan

program nasional APINDO UMKM Merdeka di Riau. Ia berharap, dengan pelaksanaan program nasional yang ditaja APINDO ini dapat bersinergi dengan Pemprov Riau dan kabupaten/kota di Riau untuk meningkatkan perekonomian di seluruh wilayah Riau.

“Ini program yang patut kita dukung bersama. Bagaimana kita semua bersinergi dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi pelaku UMKM. Tentunya, program ini

didorong oleh keinginan untuk memberikan perlindungan dan peningkatan kesejahteraan bagi para pekerja Indonesia khususnya, bagi para pelaku UMKM,” ungkap Iman.

Pada kesempatan itu, perwakilan UMKM penyandang disabilitas diberikan kartu

kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Di lokasi yang sama, Pihak penyelenggara juga memberikan kesempatan bagi para peserta yang ingin bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa mendaftar secara langsung.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar