Dinkes Inhil Gelar Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah dan Launching Aksi Gerhana

Foto bersama setelah pelaksanaan pembukaan Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah dan Launching Aksi Kabupaten Inhil, Minggu (17/9/23). (sumber foto: Dok. Dinkes Inhil)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah dan Launching Aksi Gerhana (Gerakan Sehat Tradisional) Kabupaten Indragiri Hilir, bertempat di aula Hotel top 5, Tembilahan, Minggu (17/09/2023).

Sosialisasi Pelayanan Darah dan Launching Aksi Gerhana diikuti dengan 200 orang Peserta dengan unsurnya dari Muslimat Nahdatul Ulama (NU), Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan, Pendamping Desa yang tergabung dari 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Batang Tuaka dan Tempuling. 

Kegiatan Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah dan Launching Aksi Gerhana ini secara resmi dibuka oleh Bupati Indragiri Hilir H.M Wardan dan didampingi oleh Ketua PMI Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan dan Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri. 

Rahmi Indrasuri menjelaskan Quick Wins program Pelayanan Darah adalah program untuk mendukung nawacita di bidang kesehatan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) bertujuan menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, ibu bersalin dan nifas serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. 

Dia menyebut untuk meningkatkan akses pelayanan darah yang berkualitas, tentunya diperlukan Kerjasama antara Puskesmas, Unit Transfusi Darah dan Rumah Sakit.

"Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan Upaya khusus untuk menjamin penyediaan darah bagi Ibu melahirkan yang mempunyai resiko tinggi dan golongan darah langka," ucap Rahmi. 

Perlu diketahui Launching Aksi Gerhana sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kesehatan kepada seluruh Masyarakat, dengan memanfaatkan tanaman-tanaman yang baik manfaatnya untuk kesehatan, dengan mempunyai fasilitas pekarangan rumah yang tersedia agar dapat menanam tumbuh-tumbuhan yang bersifat obat-obatan.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar