Bulan Kesadaran Kanker Darah, Dinkes Inhil Ajak Masyarakat Kenali Jenis, Penyebab dan Gejala

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rahmi Indrasuri, S. KM, M. Kl,. (sumber foto: Rahmi Indrasuri)

SIBERONE.COM - Kanker darah adalah jenis penyakit yang disebabkan karena adanya sel kanker di dalam darah yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Kanker ini termasuk dalam kategori kanker ganas dan penderita berisiko meninggal dunia jika tidak segera mendapat pengobatan yang tepat.

Memasuki bulan September yang merupakan Bulan Kesadaran Kanker Darah ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) mengajak masyarakat untuk menjadikan bulan ini sebagai momen untuk mengenal tentang berbagai jenis kanker darah, penyebab dan gejala yang ditimbulkan. 

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri memaparkan ada beberapa jenis kanker darah yang cukup sering dialami diantaranya termasuk Leukimia, Limfoma, Myeloma

"Kanker darah atau yang dikenal dengan kanker hematologik adalah penyakit yang memperngaruhi produksi dan fungsi sel dalam darah. Umumnya, kanker darah bermula dari sumsum tulang belakang. Sel-sel kanker yang muncul pada tubuh dapat mengganggu fungsi kerja dari sel merah," kata Rahmi. 

Dia menjelaskan kondisi yang dapat berpotensi meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap penyakit kanker darah dapat disebabkan infeksi virus, faktor lingkungan hidup, radiasi, sering terpapar bahan kimia, obat-obatan. Selain itu faktor genetik dan kelainan kromosom juga menjadi salah satu faktor penyebab kanker darah. 

"Orang yang menderita kanker darah mungkin akan mengalami nyeri pada sendi atau tulang, demam, kehilangan selera makan, kelelahan atau pusing. Namun secara umum gejala lain yang menyertainya berupa tubuh lesu, letih, wajah pucat, dan kerap mengalami sesak napas, bintik merah pada kulitkulit dan menurunnya berat badan," jelasnya. 

"Untuk mencegah terjadinya kanker darah bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur, disiplin menjalani pola hidup sehat, hindari paparan bahan kimia seperti herbisida atau insektisida, hindari paparan radiasi, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta perbanyak minum air putih, selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai setiap masalah kesehatan yang  dialami, termasuk bila merasakan adanya gejala kanker darah," pungkasnya. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar