Kejuaraan Pencak Silat Championship Piala Bupati II Kabupaten Kampar Tahun 2023

SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru Raih Medali Emas di Piala Bupati Kampar

Guru dan dua siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru berhasil meraih medali emas dan perunggu pada Kejuaraan Silat Piala Bupati Kampar, beberapa waktu lalu. (sumber foto: Yan)

SIBERONE.COM Sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan (PK) di Provinsi Riau, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru terus melahirkan siswa-siswi berprestasi di berbagai bidang, salah satunya dari cabang olahraga (cabor) beladiri Pencak Silat. Terbukti, pada Kejuaraan Pencak Silat Championship Piala Bupati II Kabupaten Kampar Tahun 2023 pada 28 September-1 Oktober 2023, 3 pesilat SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang turun berjaya dengan meraih berbagai medali juara.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Paiman Sanen SAg MPdI mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Prestasi itu kian mengharumkan nama sekolah dan juga beladiri tapak suci yang menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan sekolah.

“Alhamdulillah setelah menyelesaikan beberapa kali pertandingan, tiga pesilat kami yang terdiri dari siswa dan guru berhasil mengukir prestasi membanggakan. Bahkan, salah seorang siswa kami berhasil meraih medali emas atau menjadi yang terbaik," ujar Paiman, Jumat (6/10/2023).

Dijabarkan Paiman, ketiga pesilat SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjaya itu adalah Nauval Sunaryo kelas XI DKV 3 yang berhasil meraih medali emas di kelas C putra remaja. Kemudian, Anita Buulolo kelas XI PPLG 1 meraih medali perunggu di kelas B putri dewasa. Terakhir, guru olahraga SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Ridho Dwi Perosa juga turur meraih medali perunggu di kelas D putra dewasa.

"Selamat kepada anak-anakku serta salah seorang guru yang telah berhasil membawa prestasi dan medali emas ke sekolah. Ini merupakan prestasi luar biasa. Tak pula ucapan terima kasih juga kepada tim pelatih, yakni Epmi Dasfi Marza, Sri Devi Jamalianti dan Ridho Dwi Perosa yang telah berusaha keras melatih pada siswa hingga berhasil mengukir prestasi ini," ucap Paiman.

Paiman menegaskan, pihak sekolah selalu mendukung apapun kegiatan siswa yang bertujuan meningkatkan minat dan bakat. Baik itu dibidang akademik maupun non akademik. Apalagi, setiap anak itu memiliki bakat dan minat masing-masing.

"Tugas kami di sekolah memastikan dan mengarahkan anak sesuai dengan bakat yang mereka miliki. Salah satunya bakat yang dimiliki siswa kami di bidang olahraga ini," terang Paiman.

Diakui Paiman, pendidikan tidak serta merta dari akademik, tapi non akademik juga mendukung menumbuh kembangkan karakter siswa. Pendidikan karakter merupakan substansi penting yang tidak bisa dipisahkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Dalam prakteknya, ada banyak cara kreatif yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada siswa. Salah satunya adalah lewat olahraga tapak suci (silat).

"Kami berharap prestasi yang diraih ini mampu menjadi penyemangat bagi siswa lain untuk mengukir prestasi lain sesuai dengan bakat yang mereka miliki. Kepada siswa yang berhasil mengukir prestasi, kami meminta untuk tidak berpuas diri. Terus gigih lagi dalam berlatih untuk meraih prestasi yang lebih baik di masa akan datang," pesan Paiman.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar