Hadiri Bimtek RT RW se-Kecamatan Teteh, Bupati Inhil: RT RW Ujung Tombak Roda Pemerintahan

Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis RT/RW se-Kecamatan Reteh, di gedung serbaguna Kantor Kecamatan Reteh, Jumat, (29/09/23).

SIBERONE.COM - Sebagai garda terdepan dan mitra kerja strategis, Ketua beserta pengurus RT/RW diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan peran serta fungsi yang menjadi tanggungjawabanya.

Hal itu disampaikan Bupati Indragiri Hilir H.M Wardan, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis RT/RW se-Kecamatan Reteh, di gedung serbaguna Kantor Kecamatan Reteh, Jumat, (29/09/23).

Bupati H.M Wardan juga menjelaskan, RT dan RW merupakan ujung tombak dari bergulirnya roda pemerintahan. Merekalah garda terdepan dalam pelayanan pemerintahan terhadap masyarakat.

"Hal ini karena posisi RT dan RW yang strategis, yaitu berada di tengah-tengah masyarakat sehingga mudah menyampaikan apa yang menjadi kebijakan Pemerintah. Di satu sisi lainnya, RT dan RW juga menjadi corong aspirasi masyarakat terhadap Pemerintah," terang Bupati. 

Seyogyanya kata H.M Wardan, sebagai lembaga kemasyarakatan, keberadaan RT dan RW Merupakan penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah, dalam hal Ini Desa dan Kelurahan. Dengan kata lain, pengurus RT dan RW merupakan sarana atau jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Desa atau Lurah sebagai aparat Pemerintah.

"Sebaliknya, pengurus RT dan RW mampu menerjemahkan segala kebijakan atau program yang digulirkan aparat Pemerintah kepada masyarakat. Yang terakhir ini menuntut kecakapan RT dan RW dalam mengelola dan mengembannya serta Menyampaikannya kepada masyarakat yang dipimpinnya," tutup Bupati

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Pembedayaan Pemerintahan dan masyarakat Desa Inhil, Kadis PU-PR Inhil, Camat Reteh, Forkompimcam Reteh, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Reteh, ketua RT/RW Se- Kecamatan Reteh serta undangan laianya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar