Bukit Pendam, Wisata Arung Jeram Pertama di Inhil

Wisata arung jeram Bukit Pendam Kemuning, Inhil (sumber foto: Siberone.com)

SIBERONE.COM - Wisata Bukit Pendam merupakan Salah satu wisata Arum jeram pertama yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Wisata ini terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

Salah satunya adalah bukit pendam, menawarkan pemandangan yang memanjakan mata dikelilingi lebatnya hutan dengan kelestarian yang masih terjaga, tentu hal ini menjadi nilai tambah bagi bukit pendam.

Wisata ini menyediakan wahana Arum jeram, yang mana sejenis arung jeram dengan arus tak terlalu deras dan tidak dalam, atau biasa disebut wisata menghilir sungai reteh. satu-satunya yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Memiliki hutan yang masih lestari, maka siap-siap pengunjung akan dimanjakan dengan suara alam yang khas yang menenangkan dan jika beruntung pengunjung akan mendengar langsung suara burung kuau/kuau raja (burung besar yang memiliki aksi kipas raksasa dari ekornya, yang mirip seperti burung merak papua).

Wisata di Desa Batu Ampar ini diprakarsai para pemuda desa setempat yang tergabung dalam Tim Pengelola Wisata Alam Bukit Pendam. Andesbar, menuturkan, ide membuka wisata ini berawal dari keindahan sungai retih yang jernih dan dikelilingi hutan alami. Sehingga Para pendaki Bukit Pendam setelah turun akan mengarungi sungai retih nan jernih hingga samapi ketempat parkir kendaraan.

Bagi yang takut bermain arung jeram, permainan ini bisa menjadi alternatifnya. Sebab, arus sungai yang dilintasi tak sedalam arung jeram. Demikian pula arus sungainya yang tidak begitu deras.


Pengelola Wisata Bukti Pendam, Andes menjelaskan, bermain wahana ini tidak menggunakan perahu karet, melainkan memanfaatkan ban bekas. Satu orang, naik satu ban bekas. Meski begitu, tetap bisa dimainkan secara tim. Caranya dengan saling mengaitkan antar ban.

“Untuk bermain wisata ini biayanya cukup terjangkau hanya Rp.15.000 sepuasnya,” jelasnya.

Banyak lagi keindahan dan keunikan yang tersembunyi dari bukit pendam. Nah bagi kamu yang penasaran tentang bukit pendam boleh kepoin akun intsagram @wisatatuampa @bukitpendam dan youtube @gallery orang kampong, Ayo tunggu apalagi! mari berkunjung ke Bukit Pendam.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar