Wakili Kadinkes Inhil, Mashudi Secara Resmi Buka Pencanangan Imunisasi HPV

Sekertaris Dinkes Inhil, Mashudi ST membuka secara resmi Pencanangan Imunisasi HPV di SDN 023 Tembilahan, Rabu (16/8/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri SKM. MKL yang diwakili Sekertaris Dinkes Inhil, Mashudi ST membuka secara resmi Pencanangan Imunisasi HPV (Humas Papilomavirus) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 023, Jalan Gunung Daek, Tembilahan Kota, Inhil, Rabu (16/08/2023).

Kegiatan yang disejalankan dengan pelaksanaan gerakan cegah stunting ini bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim atau kanker serviks.

Mashudi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut menjelaskan Kanker serviks berkembang di leher rahim wanita (pintu masuk rahim dari vagina). Hampir semua kasus kanker serviks (lebih dari 95%) disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV) risiko tinggi.

Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

"Kangker serviks masih menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita, dimana yang kita ketahui kanker serviks ini menempati urutan ke-2 sebagai jenis kanker yang paling banyak dialami oleh wanita Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, kata Mashudi Imunisasi HPV dicanangkan Pemerintah dan Kementrian Kesehatan sebagai upaya pencegahan kangker serviks sejak dini dimana imunisasi ini untuk mempertahankan kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan pada anak yang mendapatkan imunisasi dasar.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk berkomitmen mencegah kanker serviks dengan ikut berpartisipasi aktif dalan pelaksanaan imunisasi HPV. Juga jangan takut untuk mendapatkan imunisasi HPV, karena ini merupakan bagian upaya pemerintah dalam mencegah kanker serviks," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar