Dinkes Inhil Catat Ada 1.040 Kasus ODGJ Berat

Ilustrasi ODGJ (sumber foto: AJNN.net)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) mencatat  ada 1.041 orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat di Kabupaten Inhil tahun 2023.

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM MKL melalui Sri Setiawati Staf P2PTM Keswa Napza Pemegang Program Jiwa mengatakan penanganan dan penjangkauan ODGJ menjadi atensi pihak Dinkes Inhil.

"Saat ini terdapat 1.041 jumlah ODGJ berat yang tersebar di 30 Puskesmas di Kabupaten Inhil. Dari 1.041 kasus ini, 714 laki-laki dan 327 perempuan," ucapnya.

Sri Setiawati menyebutkan bahwa seluruh ODGJ sudah mendapatkan penanganan dengan melakukan asesmen dan selanjutnya  penjangkauan. Namun ia mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada pasien ODGJ yang sembuh total.

"Jadi semua pasien sudah mendapat  pelayanan. Namun untuk pasien yang benar-benar sembuh tidak ada karena semuanya masih tergantung pada obat," lanjutnya.

Sri Setiawati menyampaikan bahwa untuk mempercepat pemulihan pasien ODGJ, maka peran keluarga sangat penting.

"Mari bersama kita berkerjasama berpartisipasi dan saling merangkul dalam upaya melakukan pencegahan gangguan kejiwaan," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar