Juni Bulan Kesadaran Katarak, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Katarak (sumber foto: Hallodoc)

SIBERONE.COM - Juni adalah bulan yang diperingati sebagai bulan kesadaran untuk penyakit Katarak di dunia atau disebut sebagai Cataract Awareness Month.

Memperingati bulan kesadaran katarak ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rahmi Indrasuri menjelaskan katarak adalah suatu penyakit buramnya lensa mata yang biasanya bening. Kebanyakan katarak berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun.

Rahmi menuturkan katarak biasanya terjadi akibat proses penuaan. Perubahan lensa diawali dengan warna kuning kecoklatan ringan, tetapi semakin memburuk seiring dengan bertambahnya waktu.

"Ada faktor lain yang juga bisa menyebabkan katarak seperti Riwayat lensa mata yang trauma seperti kemasukan debu, terkena benda keras, atau benda tajam. Infeksi saat kehamilan juga menjadi faktor yang bisa meningkatkan risiko katarak, mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama, mengidap penyakit tertentu, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, paparan sinar matahari yang lama pada mata, paparan toksin atau racun. riwayat keluarga yang mengidap katarak dan riwayat operasi pada mata," kata Rahmi.

Untuk menghindari katarak kata Rahmi, masyarakat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur, melindungi mata dari benturan dan cahaya berlebih (UV), kontrol gula darah dan tekanan darah, mengurangi berkendara di malam hari, penerangan yang cukup saat membaca atau melihat dekat, dan mengonsumsi makanan kaya antioksidan.

Kemudian Rahmi menyampaikan Pihak Dinkes Inhil telah memerintahkan kepada Puskesmas untuk melakukan penjaringan dan pendataan kepada para penderita katarak untuk kedepannya apabila ada program operasi katarak gratis maka akan seera diajukan.

"Kawan-kawan Puskesmas terus melakukan penjaringan terhadap pasien-pasien penderita katarak ini agar nanti apabila ada pembukaan operasi katarak gratis kita sudah mempunyai nama-nama yang akan diajukan," pungkas Rahmi.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar