Puskesmas Tembilahan Hulu-Come FK Unri Sosialisasikan Pencegahan Penularan TBC

Pelaksanaan sosialisasi pencegahan penularan TBC oleh Mahasiswa Akhir FK Unri, Sabtu (17/6/23). (sumber foto: Dok. Dinkes Inhil)

SIBERONE.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima praktek lapangan Mahasiswa semester akhir Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) dalam rangka penyelesaian mata kuliah come praktek lapangan Dokter Muda FK Unri, Sabtu (17/06/2023).

Dalam kunjungan ini dilakukan sosialisasi mengenai pencegahan penularan Tuberkulosis (TB/TBC) di kalangan masyarakat dengan Beraksi Bentuk Kasturi (Berantas Akar Masalah TB Membentuk Kampung Anti Tuberkulosis Indragiri) dalam wacana mewujudkan Wadai Lapis (Wilayah Sadar Antisipasi Penularan Penyakit Tuberkulosis).

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Rosdinah mengayakan bahwa kunjungan yang dilaksanakan ini selain sebagai penyelesaian praktek lapangan Dokter Muda FK Unri juga sekaligus sebagai bentuk upaya penyelesaian masalah dalam lingkup kedokteran keluarga dan komunitas.

"Di sini kita membahas terkait pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya dari tuberkulosis. Dimana kita ketahui bahwa masih banyak  masyarakat yang belum memahami gejala umum TBC, yakni batuk terus-menerus sampai 14 hari atau lebih," ucap Rosdinah.

Dilanjutkannya, selain pengetahuan dan kesadaran TB yang rendah, stigma negatif masyarakat terhadap penyakit ini masih sangat tinggi.

"Dengan demikian dengan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Puskesmas Tembilahan Hulu dalam membuat suatu trobosan program inovasi terkait TBC di masa yang akan datang, dan kegiatan tersebut akan kami lakukan untuk kedepannya," lanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. dr. Sri Wahyuni, M. Kes, Sp. KKLP (PA), Dr. dr. Zulharman, M. Med. Ed (PA), dr. Aleksis, Sp.P (Pembimbing Lapangan Kasus), P3M Dinkes Inhil Fahrul, SKM., Kasi Kesos Kelurahan Tembilahan Hulu, Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Rosdinah, dr Raihana (PK) serta tamu undangan lainnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar