Bawaslu Inhil Gelar Sosialisasi Implementasi Hukum Peraturan dan Non-Peraturan

Ketua Bawaslu Inhil saat menyamoaikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi dan implementasi produk hukum peraturan Bawaslu dan Non peraturan, Kamis (8/6/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Produk Hukum Peraturan Bawaslu dan Non-Peraturan Bawaslu dengan tema "Mewujudkan Hukum Pemilu Sebagai Penjaga Demokrasi", Kamis (08/06/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Arista Tembilahan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir serta dihadiri Anggota dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hilir serta dihadiri perwakilan organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, partai politik, organisasi kemahasiswaan dan insan pers dari berbagai media se-Kabupaten Indragiri Hilir.

Sosialisasi ini menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten yaitu Indra Fatwa, SH., MH yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Riau yang menjelaskan materi tentang Hukum Pemilu dan Demokrasi serta Neil Antariksa, Amd., SH., MH yang merupakan Anggota Bawaslu Provinsi Riau periodd 2017-2022 yang menjelaskan materi tentang Jenis-jenis Produk Hukum Perbawaslu dan Non Perbawaslu. (Humas Bawaslu Inhil)

Dalam sambutannya saat membuka acara, Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Muhammad Dong, SP menyebutkan bahwa kegiatan ini digelar agar penegakan hukum pemilu khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir mampu ditingkatkan sehingga demokrasi dapat terjaga.

"Kegiatan ini ditujukan untuk menegakkan hukum pemilu yang sesuai dengan tema kita pada hari ini yaitu Mewujudkan Hukum Pemilu Sebagai Penjaga Demokrasi," ungkapnya.

Menurut Muhammad Dong, keberhasilan suatu pemilu tidak terlepas dari peran penting dari penegakan peraturan  yang maksimal.

"Begitu juga sebaliknya, jika peraturan yang ada terbatas maka penegakannya pun tidak akan berhasil dengan baik. Untuk itu pada hari ini kami mengajak peserta yang hadir saat ini untuk bersama-sama mewujudkan hukum pemilu yang baik untuk demokrasi yang baik," tutupnya.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar