Awas Penyakit Arthritis, Dinkes Inhil: Sadari dan Kenali Gejalanya

Penyakit Artritis (sumber foto: Mayo Clinic)

SIBERONE.COM - Bulan Kesadaran Arthritis merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran semua khalayak di seluruh dunia tentang keberadaan dan dampak penyakit rematik dan muskuloskeletal atau Rheumatic and Musculoskeletal Diseases (RMD).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri S. KM, M. Kl,. melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Devi Natalia, SKM, MH menyebut Bulan Kesadaran Arthritis menciptakan kesempatan untuk belajar tentang gangguan yang memengaruhi persendian.

"Artritis atau radang sendi adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi tubuh. Peradangan pada sendi menyebabkan sendi menjadi bengkak, kaku, dan nyeri, atau bahkan sulit digerakkan. Radang sendi bisa dialami oleh semua golongan usia, termasuk remaja dan anak-anak," ujarnya.

Terdapat beberapa jenis artritis yaitu osteoartritis, artritis reumatoid, spondilitis ankilosing, artritis seprik, gout, dan psoriasis artritis. Dan masing-masing dengan penyebab yang berbeda termasuk keausan, infeksi, dan penyakit yang mendasarinya.

"Untuk itu, Bulan kesadaran artritis yang ditetapkan pada bulan Mei ini dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan dan menyebarkan kesadaran tentang artritis. Mempromosikan pentingnya mengenali gejala, bagaimana pengobatan, dan apa konsekuensi jika menderita artritis tidak ditangani," sebut Devi.

Dengan adanya bulan kesadaran artritis ini, Dinkes Inhil mengajak masyarakat untuk lebih menyadari bagaimana gejala yang dialami bagi penderita artritis.

"Secara umum, gejala atau ciri-ciri arthritis yang umumnya muncul adalah nyeri atau sakit pada sendi, sendi terasa kaku, bengkak di sekitar sendi yang mengalami peradangan, kemerahan dan terasa hangat di kulit sekitar sendi yang mengalami radang, gerakan sendi yang terbatas serta otot di sekitar sendi melemah dan mengecil," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar