Jadi Pemateri Pertemuan Lintas Sektor, Hj Zulaikhah Paparkan Peran TP PKK Inhil Tingkatkan Pelayanan Gizi

Ketua TP PKK Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan saat menyampaikan materi pada pertemuan Lintas Sektor/Program terkait peningkatan layanan gizi masyarakat, Rabu (3/5/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Hj. Zulaikhah Wardan menjadi Narasumber pada pertemuan lintas sektor/ lintas program terkait peningkatan pelayanan gizi masyarakat di Kabupaten Inhil yang ditaja Dinas Kesehatan dan berlangsung di Aula Hotel Inhil Pratama (IP) Tembilahan, Rabu (03/05/2023).

Pertemuan yang disejalankan dengan pertemuan lintas sektor/lintas program terkait peningkatan layanan gizi masyarakat ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri S. KM, M. Kl,. Kepala Bidang, Kasubag dan Sub Koordinator Dinkes Inhil dan Tamu Undangan lainnya.

Adapun peserta pertemuan lintas sektor/ lintas program terkait peningkatan pelayanan gizi masyarakat berjumlah 60 orang yang terdiri dari 20 orang PKK Kecamatan, 10 orang Kader Posyandu dan 30 orang TPG Puskesmas.

Dalam materinya, Hj. Zulaikhah Wardan memaparkan peran TP-PKK Pokja (Kelompok Kerja) III Pangan dan Pokja IV Kesehatan dalam peningkatan gizi masyarakat.

"Peran TP PKK Pokja III meningkatkan program pangan paling sedikit dengan cara menggerakkan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pangan melalui Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA PKK), kemudian menggerakkan Keluarga dalam percepatan keanekaragaman konsumsi pangan, menggerakkan Keluarga mengkonsumi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta Mendukung dan berperan serta dalam kegiatan penyediaan makanan tambahan," papar Ketua TP PKK Inhil.

Kemudian Hj. Zulaikhah menyebut sebagai tim percepatan penurunan stunting, TP PKK juga diharapkan dapat menjaga dan membina kesehatan masyarakat.

"Kemudian untuk Pokja IV bagian Kesehatan itu perlu melakukan gerakan gerakan dalam menjaga kesehatan masyarakat seperti menggerakkan Keluarga dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pembinaan peran serta masyarakat dalam upaya penurunan angka kematian Ibu, Bayi dan Balita, Pembinaan Keluarga sadar gizi," sebutnya.

"Selain itu TP PKK juga diperlukan untuk mendukung program pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan, Pembinaan keluarga dalam pelaksanaan imunisasi dan pencegahan penyakit menular maupun tidak menular serta asuhan mandiri dalam keluarga," pungkasnya.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar