Dukung Tumbuh Kembang Anak, Puskesmas Pengalihan Enok Lakukan Pemeriksaan Berkala

Tim Puskesmas Pengalihan Enok mengajarkan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar pada pelajar, (sumber foto: Dok. Puskesmas Pengalihan Enok)

SIBERONE.COM - Puskesmas Pengalihan Enok melakukan pemeriksaan berkala kesehatan usia sekolah kepada SD, SMP, SMA di lingkup Pengalihan Enok.

Drg. Intan Penanggung Jawab Program UKS  Pengalihan Enok mengatakan, tujuan pemeriksaan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan anak usia sekolah dalam mendukung tumbuh kembang dan proses belajar.

“Nah dari hasil pemeriksaan itu kita bisa mendeteksi masalah kesehatan anak sekolah dan remaja. Tentu kalau anak sehat proses belajar juga akan menjadi nyaman,” kata Drg. Intan, Sabtu (18/3/23)

Drg. Intan menyampaikan dari hasilnya pemeriksaan ini bisa digunakan untuk perencanaan pelaksanaan dan evaluasi program untuk pembinaan anak usia sekolah dan remaja.

“Target pada kegiatan kami ini itu murid SD/MI kelas 2 lalu SMP dan MTs itu kelas kelas 8 dan untuk Murid SMA atau Ma itu kelas 11.  Jadi total sekolah yang kami periksa pada bulan Maret ini ada 39 sekolah di wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Enok,” ucapnya.

Lanjutnya, pemilihan kelas dalam pemeriksaan kesehatan ini dikarenakan keterbatasan tenaga kesehatan.

“Seharusnya memang menyeluruh, cuman karena keterbatasan tenaga jadi yang turun itu cuman dua orang Nah ada di sekolah itu yang kelas 2-nya aja 5 lokal, Jadi kami cuman sanggup mengerjakan satu lokal saja itu kami melakukan 28 sekolah yang diperiksa ada SD, SMP dan SMA,” tuturnya.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar