Hadiri Rapat Koordinasi Rembuk Stunting, Bupati Lingga Apresiasi TPPS

Bupati Kabupaten Lingga, Muhammad Nizar (13/3/2023). (sumber foto: Humas Pemkab Lingga)

SIBERONE.COM - Bupati Lingga, Nizar menghadiri sekaligus membuka jalannya rapat koordinasi rembuk stunting, yang dilaksanakan, Senin (13/03/2023) di Gedung Sanggar Praja, Kecamatan Singkep.

Kegiatan tersebut bertujuan menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting Kabupaten atau Kota yang terintegrasi. Serta mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah untuk menyepakati rencana kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Lingga, M. Nizar S.Sos.,mengapreasiasi pergerakkan kinerja (TPPS) Tim Percepatan Penurunan Stunting.

"Saya sangat mengapreasiasi kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting yang udah berusaha keras untuk menekan angka stunting di Kabupaten Lingga, yang mana hari ini angka stunting di Kabupaten Lingga turun hampir 50%.” kata Nizar.

Berdasarkan data E-PPGBM (Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat), kasus stunting di Kabupaten Lingga yang menurun drastis, namun hal tersebut tetap menjadi atensi bagi Pemkab khususnya Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)..

"Pelaksanaan rembuk stunting ini sengaja dilakukan pada hari ini dalam rangka sebagai persiapan untuk kegiatan musrenbang kabupaten yg akan dilaksanakan pada tgl 14 dan 15 maret 2023 nantinya,” kata Marnaza Yusman SKM, MPH sebagai jabfung penata PKB di dinas kesehatan PPKB kabupaten Lingga.

Secara trend lokus stunting mulai dari tahun 2022 sebesar 15 lokus, tahun 2023 sebanyak 11 lokus stunting sementara untuk tahun 2024 dari hasil analisa situasi cakupan layanan dengan menggunakan data PK-21 lokus stunting tahun sebesar 13 lokus.

Menurut sumber data dari BKKBN untuk data PK-22 belum bisa dirilis dan launching karena menunggu padanan data PK-2, namun tidak menutup kemungkinan lokus stunting tahun 2024 akan berubah apabila kita menggunakan data PK-22.

"Jadi diharapkan kepada OPD terkait untuk berkomitmen, bersinergi dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting dan bapak bupati berkomitmen utk mendukung usulan anggaran dalam upaya percepatan penurunan stunting di kabupaten lingga,” tutupnya.

 

Iswandi


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar