Imbauan, Kasatlantas Polres Inhil: Sepeda Listrik Dilarang Digunakan di Jalan Raya

Kasatlantas Polres Inhil AKP Eri Asman SH (sumber foto: Satlantas Polres Inhil)

SIBERONE.COM - Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Indragiri Hilir (Kasatlantas Inhil), AKP Eri Asman SH mengimbau terkait penggunaan sepeda listrik kepada masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Hal itu ia ungkapkan pada kegiatan Jum'at Curhat bersama Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Inhil di Warung Sanggar Catur Jalan Baharuddin Yusuf, Jum'at (10/3/23).

"Kami kepolisian Kabupaten Inhil melalui Sat Lantas Polres Inhil telah memberikan himbauan kepada para penjual sepeda listrik ini untuk memberi tahukan kepada calon pembeli bahwa sepeda listrik ini digunakan di tempat-tempat tertentu, seperti taman bermain, wisata, jalan-jalan kecil, dan tidak dibenarkan untuk digunakan di jalan raya," jelasnya.

Lebih lanjut, AKP Eri Asman SH menuturkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 tentang pengendara sepeda listrik, minimal digunakan bagi anak-anak berusia 12 tahun.

Kemudian Eri Asman menyebut pihaknya akan mengkoordinasikan terkait hal tersebut kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengusulkan peraturan penggunaan sepeda listrik.

"Jadi, kami Sat Lantas Polres Inhil kedepannya akan mengusulkan kepada Pemda bisa mengatur Perda tetang penggunaan sepeda listrik ini. Tujuannya sudah jelas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari," ucapnya.

Terakhir ia menuturkan apabila sepeda listrik digunakan maka harus didampingi orang dewasa, wajib menggunakan helm. Kecepatan maksimal 25 kilometer per jam, serta ada jalur khusus yang harus dilewati oleh pengguna sepeda listrik.

"Untuk itu kami menghimbau kepada orangtua untuk bersama-sama mengingatkan dan menaseti anak-anak kita ini bahwa sepeda listrik ini tidak dipergunakan di jalan raya. Kemudian saat mengendarai sepeda listrik hendaknya menggunakan pengaman," pungkasnya.

 

Wartawan: Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar