Kondisi Pasar di Kota Pekanbaru Memprihatinkan, Fathullah Sentil Pemko Pekanbaru

Anggota DPRD Pekanbaru, Fathullah.(siberone.com)

SIBERONE.COM - Beberapa pasar milik Pemko Pekanbaru kini kondisinya sangat memprihatinkan. Mulai tidak jelas pembangunannya, hingga bangunan pasar yang ada tidak terawat. 

Seperti halnya Pasar Sail, Pasar Cik Puan, Pasar Induk serta Pasar Bawah Pekanbaru. Anggota DPRD Pekanbaru, H Fathullah SH MH bereaksi dengan ketidakjelasan pasar milik Pemko Pekanbaru ini. 

Bahkan Politisi senior ini menyinggung soal status Pasar Bawah yang kini tak jelas. Padahal, pemenang lelang pasar tersebut sudah ditetapkan beberapa waktu lalu, yakni PT Ali Akbar Sejahtera. 

Namun sayangnya, sudah lebih 7 bulan setelah penetapan pemenang lelang, kontrak kerjasama Pasar Bawah antara PT Ali Akbar Sejahtera dengan Pemko tak kunjung ditandatangani Pj Wali Kota Pekanbaru,  Muflihun. 

"Saya secara pribadi, tak sesuai dengan langkah yang dilakukan Pemko Pekanbaru sekarang. Kan pemenangnya sudah ada. Lebih cepat kan lebih bagus, tujuannya agar kondusifitas pedagang terjaga," kata Fathullah, Selasa (28/2/2023). 

Diakuinya, saat ini masyarakat sudah sangat menginginkan agar Pasar Bawah ini renovasi. Dengan begitu, konsep yang dicanangkan bahwa Pasar Bawah memang menjadi pasar wisata bagi masyarakat dan pendatang, benar-benar terealisasi. 

Apalagi Bulan Ramadan sudah semakin dekat. Artinya, pedagang di pasar tersebut bisa terakomodir, sesuai dengan keinginan semua pihak. 

"Artinya, kita minta Pasar Bawah ini harus jelas statusnya sebelum Bulan Ramadan. Kalau seperti sekarang kan, berarti perlu kita pertanyakan. Karena kondisi ini terjadi karena Pj Wako belum setuju kalau Pasar Bawah ini direnovasi. Saya pastikan tanggapan masyarakat seperti itu," paparnya. 

Karena sudah terlalu lama dibuai, Fathullah meminta agar Pj Wali Kota Muflihun segera menandatangani kontrak Pasar Bawah. Sebab, tidak ada yang ditunggu. Apalagi proses lelang secara hukum yang disiapkan Pemko Pekanbaru, tidak ada yang terlanggar. 

"Proses lelang selesai melalui prosedur dan mekanisme yang ditetapkan Pemko. Apa yang dilanggar, kan tak ada. Jangan nanti seolah-olah ada preseden buruk. Apalagi pemenang tender sudah siap melakukan renovasi, anggarannya sudah siap semua. Mengapa ditahan-tahan lagi pembangunan pasar bawah ini," tanya Fathullah heran. 

Fathullah juga tidak menginginkan, ada persepsi buruk dengan kejadian Pasar Bawah ini. Bahwa dengan kondisi ini, investor lain bisa takut menanamkan investasinya di Kota Pekanbaru. Apalagi melihat yang dialami PT Ali Akbar Sejahtera yang sudah menang. Lalu dipermasalahkan, yang sebenarnya akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Pj Wako kita minta hati-hati mendengar masukan dari pihak lain. Nanti Pj juga yang malu. Seperti halnya Pasar Induk, kan pihak ketiganya sudah takut. Jangan sampai terjadi," sarannya. 

DPRD Pekanbaru secara lembaga sejak awal, sudah mendukung pembangunan Pasar Bawah, karena dinilai, tak melanggar aturan. 

"Pasar Bawah ini ikon Kota Bertuah. Siapapun pejabat di Indonesia ini, sudah dipastikan pernah ke Pasar Bawah. Termasuk Presiden Jokowi kemarin. Makanya, dengan kondisi sekarang, jangan membuat malu warga Kota Pekanbaru," harap legislator dua periode itu.(yan).


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar