Kenalkan Wirausaha Sejak Dini, TK Negeri Pembina Tembilahan Gelar Market Day

Market Day Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Tembilahan (sumber foto: Yusuf)

 


SIBERONE.COM - Market day yang digelar Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Tembilahan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Irwan MM Msi yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil, Drs. H. Erwin, SE, ME, M.Si.

Acara yang berlangsung di halaman TK Pembina Tembilahan Jalan Keritang dan mengangkat tema "Menuju generasi muslim shalih, kreatif, mandiri dalam projek penguatan profil pancasila" turut dihadiri oleh perwakilan Disnakertrans Kabupaten Inhil serta orang tua wali murid, Kamis (17/11/2022).

Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Tri Murti, S.Sos mengatakan bahwa, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini salah satunya adalah untuk memperkenalkan mata uang kepada mereka, dan sedini mungkin untuk belajar berwirausaha, serta anak-anak ini juga menghargai karya kawannya dalam memupuk kerjasama.

"Diharapkan kedepannya akan datang lahirlah pengusaha pengusaha yang handal yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara," ujar Trimurti.

Ia berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini anak-anak bisa melakukan transaksi jual beli dengan baik, serta bisa mengenal tentang usaha makanan dan minuman tradisional yang ada disekitar.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil Drs. H. Erwin, SE, ME, M.Si. menuturkan bahwa, 3 orang anaknya merupakan alumni TK Negeri Pembina Tembilahan. Dan saat berkunjung ke sekolah tersebut baginya bernostalgia.

"Saya kembali ke memori 20 tahun lalu, bagaimana saya mengantar dan menyekolahkan anak disini. Dari sinilah anak saya pertama bisa mengenal huruf, kalimat doa-doa, alhamdulillah guru-guru inilah jasa mereka," kata H Erwin saat diwawancarai wartawan.

Lama tidak berkunjung, kata Sekretaris H Erwin sekolah tersebut sudah banyak perubahan, yang dulunya papan kini sudah berganti dengan semen.

"Jadi sekolah ini kalau 20 tahun lalu itu masih papan masih kayu tapi sekarang alhamdulillah secara perlahan berangsur. Tadi kepala sekolah menyampaikan ingin aula, secara bertahap usulan-usulan ini nanti coba kita usulkan ke perencanaan agar aula kita dapatkan, karena apa aula itu penting untuk kegiatan anak-anak didik kita ini," tuturnya.

H. Erwin mengaku baru pertama kali melihat kegiatan Market day yang diselenggarakan oleh TK Negeri Pembina Tembilahan. Kendati demikian dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi TK -tk yang ada di Kabupaten Inhil.

"Baru pertama saya melihat, sangat luar biasa ini, untuk menumbuh kembangkan jiwa anak untuk berwirausaha, biarkan mereka sambil bermain sambil berjualan seperti ini. Mudah-mudahan ini terus dikembangkan tidak hanya wirausaha mungkin nanti mereka cocok tanam," sebutnya.

"Jiwa anak kan beda beda mudah-mudahan ke depan ada kegiatan-kegiatan lain yang diluar seperti ini dan terus dikembangkan oleh TK, semoga TK pembina ini bisa diikuti oleh tk-tk yang lain kita besarkan lagi kita kembangkan lagi TK-TK yang ada di seluruh Inhil," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar