Hari Libur Tak Lelahkan Semangat Sosok Serda Lendi Piter Sirimba Giat Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan

Serda Lendi Piter Sirimba anggota Koramil 06/Kateman melakukan sosialisasi dan patroli karhutla desa Air Tawar, Minggu (30/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 06/KTM)

 

 

SIBERONE.COM - Meskipun hari libur (Minggu -red) namun dalam tidak melemahkan semangat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sersan dua (Serda) Lendi Piter Sirimba melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di dusun 3, desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir.


"Ya walaupun hari ini hari Minggu tanggal merah, namun sebagai Babinsa harus siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah binaan saya," jelas Serda Lendi Piter Sirimba kepada awak media, melalui pesan singkat (WhatsApp) Ahad (30/10/2022) pagi.


Dikatakan Serda Lendi Piter Sirimba, kegiatan patroli tersebut merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa di jajaran Koramil 06/Kateman untuk memantau titik hotspot dan daerah rawan kebakaran sebagai upaya dalam melakukan pencegahan terjadinya peristiwa Karhutla di daerah tersebut.


"Hari ini kita kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sekitar hutan ini, ada titik rawan kebakaran yang harus kita pantau terus termasuk untuk mencegah adanya penebangan liar," jelasnya.


Ia juga menjelaskan, selain untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, pihaknya juga ingin memastikan kepada para warga yang bekerja di perkebunan untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar apalagi melakukan penebangan liar.


"kita harus pastikan, warga kita tidak ada yang membuka dan membersihkan lahan dengan membakar, apalagi menebang pohon secara liar, karna banyak menimbulkan bencana, selain kebakaran juga bisa menyebabkan banjir bandang," bebernya.


Selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga. Serda Lendi mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar.


"Setiap pelaksanaan patroli kita turut mengajak warga agar ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah memastikan warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar