Antisipasi Karhutla, Sertu Elia Rahman Ajak Warga Binaan Bersama-sama Laksanakan Patroli

Sertu Elia Rahman berpatroli karhutla di wilayah Parit Bangkinang, desa Pengalihan, kecamatan Enok, Selasa (25/10/2022) pagi.(sumber foto: Batituud Koramil 02/TM)

 

 

SIBERONE.COM - Bentuk upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus dilakukan dengan cara patroli oleh babinsa Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil, Sertu Elia Rahman di wilayah Parit Bangkinang, desa Pengalihan, kecamatan Enok, Indragiri Hilir, Selasa (25/10/2022) pagi.


Sertu Elia Rahman mengatakan bahwa hari ini bersama-sama dengan masyarakat di wilayah binaannya melaksanakan kegiatan patroli Karhutla dalam antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan masyarakat.


"Iya walaupun dengan adanya pantauan dengan aplikasi Dasbor Lancang Kuning Nusantara yang dimiliki Polda Riau aplikasi dengan tekhnologi tinggi namun untuk mencegahnya tentunya dengan sosialisasi dan pantun langsung sangat efektif karena langsung terjun ke lokasi-lokasi," kata Sertu Elia Rahman.


Jadi warga binaan, sangat tidak bisa sembarang lagi membuka lahan-lahan pertanian karena sudah terpantau titik hotspot, tinggal di cari titiknya di mana dan pemiliknya siapa, untuk itu Sertu Elia Rahman berharap kepada masyarakat bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


Kendati demikian, dia juga dalam pelaksanaan patroli memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.


"Sangat bahaya, karena dapat menyebabkan terganggunya kesehatan masyarakat, dikarenakan menghirup asap yang diakibatkan kejahilan oknum-oknum masyarakat yang bendel  membuka lahan-lahan pertanian dengan cara membakar," jelasnya.

 

Terakhir Sertu Elia Rahman, mengajak masyarakat di wilayah binaannya bersama-sama Kampanyekan larangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat merusak lingkungan udara dan sangat merugikan orang lain. 


"Ayo kita bersama-sama Kampanyekan Stop Karhutla sehingga di wilayah kita tidak ada ditemukan titik hotspot sehingga wilayah kita aman dari karhutla," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar