Koptu RH Tambunan Babinsa Desa Sungai Laut Beri Himbauan Stop Karhutla Kepada Masyarakat

Koptu RH Tambunan babinsa desa Sungai Laut melaksanakan tugas patroli karhutla, Senin (17/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 02/TM)

 


SIBERONE.COM - Koptu RH Tambunan babinsa desa Sungai Laut, anggota Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan tugas menjaga wilayah binaan terhindar dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Dikatakan Koptu RH Tambunan, dengan cara patroli menyasar hutan-hutan maupun perkebunan masyarakat dilakukan sehingga ancaman terhadap kebakaran dapat meminimalisir terjadinya bencana alam kabut asap.


"Kalau sudah terjadi kebakaran lahan, sangat susah untuk dipadamkan, apa lagi Medannya sangat sulit, dan kesediaan sumber air sangat jauh, itu menjadi ancaman kebakaran menjadi semakin luas," kata Koptu RH Tambunan.


Menurutnya, kejadian berberapa tahun lalu bisa jadi pelajaran, karena di Riau sangat luar biasa bencana kabut asap sudah merambah ke negara tetangga, itu yang harus dikawatirkan tentang kebakaran.


"Kadang masyarakat mau yang instan untuk membuka lahan-lahan pertanian, main di bakar saja tanpa memikirkan dampaknya, jadi kita harus berhati-hati jangan ulah kita menjadi orang-orang terganggu karena mau yang mudah jadi berdampak begitu hebat," tandasnya.


Terakhir dikatakannya, untuk memberikan efek jera pemerintah pusat sudah memberikan tegas kepada pelaku-pelaku pembakaran, dengan dipidana dan membayar denda.


"Jadikan itu sebagai perhatian kita sendiri, jagan malah tidak di indahkan Himbauan dan teguran, malah sudah ada larangan membakar di spanduk dan brosur-brosur yang di tempel di dinding-dinding sebagai media untuk Himbauan, jadi kita harus bersama-sama kampanye tentang larangan membakar, ayo Stop Karhutla," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar