Komitmen Berantas Stunting, Bupati HM Wardan: Targetkan 2024 Inhil Nol Zero

Bupati Inhil, HM Wardan melakukan pengalungan kepada peserta pada rembuk stuntig dan aksi 5 di Hotel Top 5 Tembilahan, Jumat (14/10/2022). (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

 


SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs H Muhammad Wardan, MP membuka secara langsung Rembuk Stunting dan aksi 5 yaitu pembinaan kader pengembangan manusia (KPM) dari 8 aksi konvergensi stunting yang di taja oleh Dinas kesehatan (Dinkes). Bertempat di Aula Hotel Top 5 Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, Jum'at (14/10/2022) malam.


Dikatakan Bupati Indragiri Hilir sebagai bentuk komitmen dalam melakukan percepatan pencegahan dan penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan aksi 3 yaitu rembuk stunting dan aksi 5 yaitu pembinaan kader pengembangan manusia (KPM) dari 8 aksi konvergensi stunting.


"Kegiatan rembuk stunting dan bimbingan teknis (Bimtek) KPM dan kader posyandu ini merupakan bentuk upaya dan usaha yang kita lakukan dalam rangka mengatasi masalah pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Inhil," tegas orang nomor satu di kabupaten Indragiri Hilir tersebut.


Bupati mengatakan penanggulangan stunting ini tentunya tidak bisa diserahkan kepada Dinas ataupun OPD saja, tentunya ini perlu sinergitas semua pihak sampai ketingkat RT dan RW.


"Kalau hanya satu Dinas maupun OPD saja itu tidak bisa kita Pencegahan dan penanggulangan stunting, jadi harus perlu sinergiritas antara semua," kata bupati 


Melalui kesempatan ini juga Bupati menyebutkan, berdasarkan data ril dari Dinas Kesehatan angka stunting Kabupaten Inhil berada pada angka 3,15%. Bupati mengharapkan angka 3,15% ini jelas by name by address nya agar bisa ditindaklanjuti.


"Dari upaya serius yang telah dan terus kita lakukan, saya menargetkan pada akhir tahun 2024 mudah-mudahan Kabupaten Inhil nol zero stunting," tutup Bupati HM Wardan


Kegiatan yang diawali dengan pengalungan tanda peserta ini juga dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan penurunan stunting di Kabupaten Inhil.


Turut hadir dalam acara Unsur Forkopimda Inhil, beberapa Pimpinan OPD, Camat dan para peserta bimtek serta tamu undangan.


Untuk diketahui kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 15 s/d 16 Oktober 2022 ini diikuti sebanyak 197 orang peserta dari lintas sektor, camat, dan KPM, serta 39 orang peserta dari kader posyandu se Kabupaten Inhil.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar