Diikuti Ribuan Peserta, Bupati Inhil Buka Langsung Pawai Ragam Budaya Nusantara Rangka HUT TNI ke-77

Bupati Inhil membuka pawai pesta ragam budaya nusantara se-Kabupaten Inhil di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Rabu, (5/10/2022). (sumber foto: Siberone.com/Abdullah)

 


SIBERONE.COM - Diikuti Ribuan peserta Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP, membuka secara resmi Pawai budaya Nusantara dan Bazar yang digelar kodim 0314/Inhil dalam rangka meriahkan HUT TNI ke-77, bertempat di Lapangan Gajahmada, Tembilahan, Rabu (5/10/2022) sore.


Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid S.E., M.Tr(Han), mengatakan pawai yang diadakan pada hari ini adalah perupakan sebagai wujud syukur TNI khususnya Kodim 0314 Inhil yang telah mencapai usia 77 dan merupakan momentum bagaimana bersama-sama memeriahkan HUT ke-77 TNI Tahun 2022.

"Kami sangat bangga sekali dan berbahagia karena tanpa adanya dukungan ataupun partisipasi dari masyarakat semua terutama juga panitia ide-ide para ketua paguyuban maka acara ini tidak bisa terselenggara dengan baik," ujar Dandim.


Dandim juga berpesan kepada masyarakat  untuk menjaga keamanan ataupun ketertiban sehingga pelaksanaan pesta ragam budaya nusantara di kabupaten Indragiri Hilir dapat terlaksana dengan baik dan sampai tuntas nantinya.

 

Sementara itu selaku Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan mengucapkan apresiasi terhadap panitia pelaksana yang sudah bersusah-susah payah dalam membuat kegiatan sehingga pada hari ini resmi di buka, dalam rangka hari ulang tahun TNI ke 77 Tahun 2022 di Kabupaten Indragiri Hilir.


Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan mengatakan Inhil yang berjuluk Negeri 1000 paret dan hamparan kelapa dunia ini adalah daerah yang dengan wilayah cukup luas yang dihuni oleh penduduk yang heterogen yang terdiri dari berbagai etnis.


"Ada Melayu, Banjar, Minang, Bugis, Aceh, Jawa, Sunda, Madura, Palembang, Batak, serta Tionghoa dan lain-lain dan lain-lainnya. Oleh sebab itulah daerah ini sangat kaya dengan adat dan budaya Nusantara namun demikian kita menyadari bahwa pada saat ini tidak sedikit masyarakat terutama generasi muda yang kurang mengetahui budaya-budaya nusantara yang ada di Kabupaten dan Hilir," ujar Bupati Dua periode tersebut.


Atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tentu sangat menyambut kegiatan ini dan mendukung serta memberikan apresiasi atas diselenggarakannya pesta ragam budaya nusantara dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Tahun 2022, dengan harapan kegiatan ini berjalan dengan baik lancar dan sukses sehingga bisa menjadi media dan sarana berbagai kesenian dan budaya daerah yang digunakan untuk hiburan edukasi dan juga untuk menyatukan hubungan antar masyarakat.


"Saya berharap pesta ragam budaya nusantara dan bazar ini tidak hanya dapat memperkenalkan sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya tetapi juga dapat memperkokoh jalinan silaturahim kerukunan persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat Kabupaten dan Hilir," pesan Bupati.


Untuk itu dikatakan Bupati perlu memperkenalkan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terutama generasi muda terhadap budaya nusantara yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir dan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melalui kegiatan pesta ragam budaya nusantara yang juga dirangkai dengan pawai budaya dan diikuti oleh seluruh paguyuban yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.


Di samping itu kegiatan ini juga dirangkai dengan bazar yang bisa menjadi sebuah sarana meningkatkan gairah kebudayaan dan perekonomian di Indragiri Hilir.


"Dengan kegiatan ini tentunya, perekonomian dapat terlaksana di sini setiap harinya banyak yang mencari rezeki melalui stand yang di buka, silahkan jual apa yang ada seperti suku si A mau jual apa mudah-mudahan banyak masyarakat yang berdatangan," tutup Bupati HM Wardan.


Tampak hadir, Bupati Inhil, Ketua DPRD Inhil Dr H Ferryandi, Kapolres Inhil AKBP Norhayat, Kajari Inhil Rini Triningsih, ketua PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, ketua KCK Cabang LIV Kodim Inhil, serta tamu undangan lainnya.

 

 

Wartawan: AD


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar