Babinsa Desa Tekulai Bugis, Serda Agusmi Harianto Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Serda Agusmi Harianto anggota Koramil 02/TM melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di Desa Tekulai Bugis, Rabu (5/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 02/TM)

 

 

SIBERONE.COM - Babinsa desa Tekulai Bugis, Serda Agusmi Harianto anggota Koramil 02/TM melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan bersama dengan 3 masyarakat.


Kegiatan patroli Karhutla tersebut dikatakan Serda Agusmi menyasar area lahan-lahan pertanian masyarakat yang rawan mengalami musibah kebakaran bersama 3 masyarakat peduli api (MPA).


"Jadi saya bersama 3 masyarakat, di wilayah binaan desa Tekulai Bugis pada hari ini melakukan patroli menyisir area lahan-lahan pertanian yang dianggap rawan terjadinya kebakaran," kata Serda Agusmi Harianto babinsa Koramil 02/TM.


Ia juga mengungkapkan, di dalam pelaksanaan patroli apabila ditemukan titik api, akan segera memadamkan api sehingga tidak terjadi dampak yang begitu besar.


"Ya itu lah Pentingnya patroli, jadi kita bisa bergerak cepat, dan bisa memadamkan titik api, agar tidak memperluas kawasan kebakaran," tuturnya.


Selain itu, jelas Serda Agusmi Harianto saat giat patroli, Babinsa juga saat menemukan warga dalam pelaksanaan patroli, memberikan himbauan apabila menemukan titik hotspot, agar segera melaporkan ke pihak desa maupun Babinsa maupun Babinkamtibmas.


Tidak lupa juga, Serda Agusmi memberikan himbauan kepada masyarakat, saat membuka lahan pertanian tidak dibenarkan melakukan membakar. 


"Karena kalau kita saat membuka lahan-lahan baru, kita bakar kabanyakan seperti itu ya kan, emang bersih dan tanah nya juga jadi gembur, namun dampaknya, kita juga yang rugi," imbuhnya.


Terakhir, dikatakan Serda Agusmi Harianto, dia berharap kepada masyarakat di Tekulai Bugis, lebih memperhatikan dampaknya, apabila mencoba membakar lahan-lahan baru pertanian.


"Dampaknya kita dapat berurusan sama pihak kepolisian, karena kita sudah melanggar hukum, dan yang sangat jelas juga kita susah mau bernapas, karena terganggu dengan kabut asap," tutup Serma Agusmi babinsa Koramil 02/TM.


Untuk diketahui dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla selama berlangsung tidak ditemukan titik hotspot hasilnya nihil, kegiatan tersebut dalam kegiatan aman dan terkendali.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar