Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Inhil Diwakili Kesbangpol Ikuti Upacara Virtual

Bupati Inhil diwakili Kesbangpol Inhil beserta Unsur Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual di Ruang Rapat Kantor Diskominfo Kompleks Kantor Bupati Inhil, Sabtu (1/10/2022). (sumber foto: Kesbangpol Inhil)

 

 

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir, H.Arifin. S.Sos., MM, mengikuti secara virtual Upacara Kenegaraan Dalam rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu, (01/10/2022).

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Diskominfo Kompleks Kantor Bupati Inhil Jalan Akasia Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, tampak di layar Presiden RI Jokowi didampingi Ibu Negera Iriana tiba di Monumen Pancasila Sakti sekitar pukul 07.53 WIB dan langsung menuju ruang tunggu utama. 

Hadir pula secara virtual, Bupati Inhil HM Wardan yang di wakili oleh Kaban Kesbangpol Inhil,H. Arifin. S.Sos., MM, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Hera Polosia Destini S.H., M.H, Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK,
Kajari Inhil, Rini Tri Ningsih S.H. M.H, Kadis Kominfo di wakili Sekertaris Kominfo, Yunus,  S.Sos.MM, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan di wakili Wakil Ketua, Irfan Firdaus, S.Ag, Kadisparporabud di wakili Sekertaris Sdr. Ricky Putra STTP.,M.Si.


Presiden Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara mengawali Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan mengangkat tema “Bangkit Bergerak, Bersama Pancasila” dengan mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, utamanya pahlawan-pahlawan revoluasi, mengheningkan cipta dimulai," ujar Presiden RI.

Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Bambang Soesatyo, Pembaca Naskah UUD 1945 yang dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani membaca dan menandatangani Naskah Ikrar, sedangkan Menteri Agama RI H Yaqut Cholil membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian upacara.

Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi tantangan.

"Ideologi Pancasila dengan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini, untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022," ujar Kesbangpol Inhil Arifin mewakili Bupati Inhil HM Wardan.

Mari kita bangkit maju bersama jadikan Pancasila pedoman dan pegangan dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam hidup kita sehari-hari dengan nilai-nilai luhur kita wujudkan cita-cita negeri ini menjadi lebih baik, menjadi Indonesia lebih maju. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Semoga dengan doa dan upaya kita bersama sebagai generasi muda, mari kita teruskan cita-cita para pendiri bangsa dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Aamiin ya rabbal alamin.

 

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar