Tingkatkan Kapasitas MPA, Forkopimcam Batang Tuaka Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

Forkopimcam Batang Tuaka, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, RPK PT BDL, dan MPA saat simulasi penanganan Karhutla di Desa Sungai Rawa, Sabtu (1/10/2022). (sumber foto: Staf Camat Batang Tuaka)

 


SIBERONE.COM - Forkopimcam Batang Tuaka, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, RPK PT BDL, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta Kepala Desa se - kecamatan Batang Tuaka menggelar simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Sungai Rawa, Sabtu (1/10/2022).

Camat Batang Tuaka Kabupaten Inhil Rahelmi mengungkapkan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas MPA pada setiap desa Kecamatan Batang Tuaka, pengendalian kebakaran hutan dan lahan di unit kerja masing-masing dan lainnya.

"Intinya kami Forcopimcam Kecamatan Batang Tuaka terus berupaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan serata menyikapi kejadian karhutla di wilayah kerja, sehingga pihak managemen merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas MPA pada setiap desa Kecamatan Batang Tuaka," ucapnya.

Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka menjaga zero fire di wilayah Kecamatan Batang Tuaka.

"Intinya, ini sebagai langkah antisipasi dini melakukan simulasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mana hal tersebut menyikapi potensi Karhutla saat memasuki musim kemarau di Kecamatan Batang Tuaka. Untuk itu kami berharap dengan adanya simulasi ini, masyarakat lebih tahu bagaimana cara memadamkan api ketika terjadi Karhutla baik menggunakan air, alat pemadam api ringan (apar), maupun tangki air atau selang air di masing - masing desa sehingga lebih profesional dalam penanganan Karhutla," imbuhnya 

Untuk itu, forkopimcam RPK perusahaan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) akan terus bersinergi untuk menciptakan upaya kerjasama dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan di unit kerja masing-masing terutama di wilayah Kecamatan Batang Tuaka.

"Kemudian memberi edukasi langkah - langkah yang harus dilakukan masyarakat menjadi lebih tanggap apabila terjadi Karhutla, dapat memadamkan api secara mandiri sembari menunggu petugas pemadam kebakaran," tutupnya.

 

 

Wartawan: Ysf


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar